Logo Network
Network

5 Tanda Sperma Subur dan Siap Membuahi, Pasangan Program Hamil Wajib Tahu

Rilo Pambudi
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 09:08 WIB
5 Tanda Sperma Subur dan Siap Membuahi, Pasangan Program Hamil Wajib Tahu
Tanda-tanda sel sperma subur. (Foto: AFP)

3. Jumlahnya Sperma

Dilansir dari Mayo Clinic, sperma masuk kategori subur jika jumlahnya mencapai 15 juta sel sperma per mililiter air mani. Jika kurang secara signifikan dari jumlah tersebut, maka bisa dikatakan bahwa itulah ciri sperma yang tidak sehat. 

Bahkan dalam beberapa kasus, air mani tidak mengandung sperma atau sering dikenal sebagai sperma kosong (azoospermia). 

4. Pergerakan Sperma 

Untuk mengetahui melalui metode ini tak bisa dilakukan secara kasat mata dan perlu dianalisis melalui laboratorium. Ciri sperma tidak subur adalah apabila pergerakannya tidak lincah. 

Sperma yang tidak lincah umumnya akan sulit bahkan tidak bisa membuahi sel telur. Jika pergerakan lebih dari 60 persen sel sperma tidak lincah, maka sperma dapat dikatakan tidak sehat.

5. Bentuk Sperma

Sama seperti mengetahui pergerakan sperma, pemeriksaan ini membutuhkan pengamatan di laboratorium karena ukurannya dalam skala mikroskopik. Ciri-ciri sperma yang sehat atau subur antara lain adalah memiliki bentuk morfologi dengan kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang.

Dari jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi, terkadang memang ada sebagian sperma yang tidak sehat. Namun, hal tersebut biasanya masih wajar jika jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang normal.

Demikian 5 tanda sperma subur yang perlu diketahui. Namun untuk mengetahui secara kurang bisa melakukan tes kesuburan pria melalui dokter spesialis andrologi.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : 5 Cara Membedakan Sperma Subur dan Tidak, Lihat dari Warna hingga Kekentalan)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini