get app
inews
Aa Read Next : Striker Australia Bikin Netizen Murka, Sindir Tradisi Timnas Indonesia Nyanyi Lagu Tanah Airku

Indonesia Menang Atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia, Ini Rahasia Strategi Shin Tae-yong

Kamis, 09 Juni 2022 | 07:57 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

KUWAIT CITY, iNewsKutai.id – Tim nasional Indonesia mencatatkan hasil positif pada laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim Garuda menaklukkan tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1. Pelatih Shin Tae-yong pun tak menyangka anak asuhnya bisa mengamankan tiga poin.

Dalam laga di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (8/6/2022) malam tersebut, timnas Indonesia sempat tertinggal lebih dulu lewat tandukan Yousef Nasser pada menit 41. Namun, dua menit kemudian Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dari titik putih.

Tim Garuda mendapatkan hadiah penalti setelah Rachmat Irianto dilanggar di depan gawang. Marc Klok yang maju sebagai eksekutor tidak menyianyiakan kesempatan tersebut dan memaksakan skor imbang 1-1 hingga turun minum paruh pertama.

Pada paruh kedua, Indonesia berbalik unggul lewat gol cepat Rachmat Irianto ketika pertandingan baru berjalan satu menit. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit. 

Itu merupakan kemenangan pertama timnas Indonesia atas Kuwait dan 42 tahun terakhir. Pelatih Shin Tae-yong sendiri mengaku tidak menyangka anak asuhnya bisa memenangkan pertandingan.

Alasannya, dia tidak mengetahui banyak kualitas pemain Kuwait. Pelatih asal Korsel itu mengaku hanya mempersiapkan anak asuhnya dengan baik dan menyiapkan strategi sesuai perkembangan di lapangan.

"Sebelumnya laga ini saya pikir akan menjadi tantangan besar dan sulit. Saya tidak menyangka bisa menang atas Kuwait hari ini. Karena, saya sebelumnya tidak terlalu memahami betul kualitas lawan (Kuwait)," jelas dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku hanya mencoba untuk selalu berpikir optimistis. Baginya kemenangan akan datang kepada tim yang selalu berpikiran jernih dan positif.

Terbukti, Indonesia sukses menumbangkan tim tuan rumah, Kuwait, dengan skor 2-1. Dia berharap, kemenangan ini bisa menjadi langkah baru untuk kemajuan sepak bola Indonesia. 

Kemenangan ini membuat Indonesia menempati peringkat 2 Grup A. Ini juga menjadi modal menghadapi  Yordania pada 11 Juni dan Nepal 14 Juni di tempat yang sama. Juara Grup dan lima runner up terbaik dipastikan akan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut