Adira Rizky Nugroho, Lulusan Terbaik Akpol 2022 Ternyata Anak Pasangan Jenderal dan Kombes

Mohammad Atik Fajardin
Lulusan terbaik Akademi Kepolisian, Adira Rizky Nugroho. (foto: instagram)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) Adira Rizky Nugroho ternyata bukan dari keluarga sembarangan. Adira diketahui merupakan putra seorang jenderal dan ibunya berpangkat Kombes.

Adira Rizky Nugroho dan 753 perwira remaja TNI dan Polri dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (14/7/2022). Pencapaiannya sebagai lulusan terbaik diganjar dengan penghargaan Adhi Makayasa.

Selain menjadi lulusan terbaik Akpol 2022, Adira Rizky Nugroho juga mendapat tanda penghargaan medali Karya Wira Nugraha Emas. Dari hasil penelusuran, prestasi Yazid itu tidak lepas dari didikan kedua orangtuanya. Dia ternyata mengikuti jejak sang ayah.

Ayahnya merupakan anggota Polri aktif berpangkat jenderal bintang dua yakni Irjen Pol Yazid Fanani. Jabatannya adalah Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Jabatan itu disandangnya sejak 1 Mei 2020. Dia mengawali karier di Polri sebagai Danton Taruna Akpol pada 1989. Lulusan Akpol 1988 itu memiliki pengalaman dalam bidang reserse. Sejumlah jabatan strategis pernah diembannya yakni menjadi Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Sementara sang ibu, merupakan perwira menengah Polri yang juga masih aktif yakni Kombes Pol Rinny Shirley Theresia Wowor atau dikenal Rinny Wowor. Dia tercatat sebagai polwan pertama yang menyandang gelar doktor Program Psikologi dari Universitas Indonesia (UI). 

Saat ini, Kombes Rinny menjabat sebagai Pama Baintelkam Polri, penugasan pada BIN di tahun 2019. Bahkan kakak kandung Adira ternyata juga anggota Polri yakni Ipda Pol Aditya Rizky Nugroho. Seluruh keluarganya merupakan bagian dari keluarga besar Polri.  

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network