Kebakaran Landa Permukiman Padat di Tenggarong, 14 Rumah Rata dengan Tanah

Abriandi
Petugas BPBD Kukar bersama relawan memadamkan api di Jalan Mangkurawang Dalam, Kota Tenggarong. (fotoo: damkar kukar)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Sedikitnya 14 unit rumah rata dengan tanah dalam kebakaran besar di Jalan Mangkurawang Dalam, Kota Tenggarong, Senin (19/12/2022) sekitar pukul sekitar pukul 23.00 WITA. Selain itu, satu unit bangsalan juga ikut terbakar.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi saat warga sedang tertidur tersebut. Api berhasil dijinakkan sekitar satu jam kemudian setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara dibantu relawan menerjukan belasan armada pemadam.

Informasi yang dihimpun, kebakaran bermula dari Jalan Mangkurawang Gang 6 tepatnya di RT 10. Saksi mata Roni Paslah mengatakan, awalnya dia curiga dengan bau asap yang cukup menyengat. Setelah keluar dari rumah, saksi melihat api sudah berkobar dari arah Gang 6.

"Api awalnya dari Gang 6 yang kemudian merembet ke bangunan lainnya," jelasnya.

Kejadian itu lantas segera dilaporkan ke Ketua RT 10 Dharma Setiawan yang diteruskan ke BPBD Kukar yang kemudian menerjunkan belasan armada. Pemadaman dipimpin langsung oleh Kepala BPBD Kukar Fida Hurasani.

Setelah bahu membahu sekitar 1 jam bersama dengan relawan, api akhirnya berhasil dikendalikan. 

Kasat Reskrim Polres Kukar AKP I Made Suryadinata mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi, api diduga bermula dari rumah Asmiati, warga RT 6. 

"Api diduga berasal dari rumah warga di RT 6. Untuk penyebabnya, masih dalam proses penyelidikan," ujarnya.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp2,5 milia. Selain itu, puluhan warga  dari tiga RT yakni RT 5, RT 6 dan RT 7 Kelurahan Mangkurawang terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal. Mereka tinggal di posko pengungsian yang dibentuk pengurus RT.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network