Pilar Jembatan Mahakam Rusak Ditabrak Tongkang Batu Bara

Abriandi
Detik-detik kapal tongkang menabrak pilar jembatan Mahakam Kota Samarinda, Jumat (23/12/2022). (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pilar Jembatan Mahakam Kota Samarinda kembali ditabrak kapal tongkang pengangkut batu bara, Jumat (23/12/2022). Benturan keras tersebut membuat jembatan akses dari arah Samarinda Seberang itu bergetar hebat.

Dari rekaman video amatir yang beredar di media sosial, terlihat asap ketika kapal tongkang membentur pilar utama jembatan yang saat kejadian padat kendaraan. Akibatnya, pilar jembatan rusak parah.

Informasi yang dihimpun, tabrakan terjadi akibat kapal tugboat Mitra Anugrah tidak mampu mengendalikan laju tongkang akibat arus deras Sungai Mahakam. Sedangkan tugboat Herlin yang bertugas mengendalikan laju tongkang dari belakang, juga tidak mampu karena beban terlalu berat.

Sat Polairud Polresta Samarinda yang menerima laporan insiden kapal menabrak pilar jembatan langsung mengecek ke Tempat Kejadian Perkara. Polisi menemukan jika tiang penyangga jembatan mengalami kerusakan akibat benturan keras.

Satpolairud kemudian mengamankan kedua nakhoda kapal untuk mendalami insiden tabrakan tersebut. Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli mengatakan jika ada empat orang yang diperiksa terkait insiden tersebut yakni nakhoda dan juru mudi.

"Masih dilakukan penyelidikan. Yang terpenting saat ini adalah memastikan jembatan aman untuk dilewati kendaraan," jelasnya, Jumat (23/12/2022).

Menurutnya, tahap awal sudah dilakukan pemeriksaan kondisi fisik pilar ketiga yang ditabrak kapal. Namun untuk memastikan tidak ada perubahan struktur, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, Sabtu (24/12/2022).

Sekadar diketahui, ini merupakan insiden tabrakan kesekian kali dialami jembatan yang sudah berusia sekitar 30 tahun tersebut. Saat ini, jembatan pengganti dengan konstruksi busur sudah beroperasi namun hanya satu jalur dan digunakan untuk kendaraan dari arah Kota Samarinda menuju Samarinda Seberang atau Balikpapan.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network