7 Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadan di Indonesia, Masak Lemang hingga Berbagi Bingkisan

Puti Aini Yasmin/Abriandi
Tradisi unik menyambut Bulan Ramadan di Indonesia. (foto: antara)

6. Dugderan di Semarang

Dugderan adalah tradisi sebagai pertanda dimulainya bulan Ramadan oleh masyarakat Semarang, Jawa Tengah. Tradisi unik ini  biasanya dilaksanakan di alun-alun depan masjid dan Kanjeng Bupati dan Imam Masjid Besar memberikan sambutan pengumuman. 

Tujuan tradisi ini adalah ajakan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan ajakan untuk meningkatkan kualitas ibadah. Serta, juga mengumpulkan seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu dan bertegur sapa tanpa ada perbedaan.  

7. Megibung di Bali 

Tradisi unik menyambut Ramadan yang terakhir adalah Megibung. Ini adalah tradisi turun temurun yang diwariskan Raja Karangasem dan pertama kali dilaksanakan pada tahun 1692 Masehi. 

Megibung dilakukan saat merayakan hari besar keagamaan, salah satunya di bulan suci Ramadan. Keunikan dari tradisi Megibung adalah makan bersama yang terdiri dari 4 sampai 7 orang atau lebih dalam satu wadah. 

Aturan yang harus dilakukan adalah dengan mencuci tangan terlebih dulu, tidak boleh menjatuhkan makanan dari mulut ke nampan, tidak boleh mengambil makanan di tempat orang lain dan harus menunggu semua orang selesai makan. 

Demikian 7 tradisi unik menyambut bulan Ramadan di Indonesia.

Editor : Abriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network