Puncak Arus Mudik Kaltim via Laut Diprediksi 13-17 April 2023

Emy Adawiyah
Puncak arus mudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan diprediksi 13-17 April 2023. (foto: dok pemprov kaltim)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Puncak arus mudik Kaltim melalui jalur laut di Pelabuhan Semayang Balikpapan diprediksi akan mencapai puncaknya pada 13-17 April 2023. Tujuan keberangkatan pemudik yakni Surabaya, Jawa Timur dan Parepare, Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan Captain Mugen Suprihatin Sartoto menjelaskan, pada 13-17 April 2023 tersebut, ada 3 kapal yang jadwal kedatangannya itu bersamaan.

"Kedatangan kapal ini yang diprediksi akan dimanfaatkan pemudik untuk pulang ke kampung halaman karena sudah berdekatan dengan momen Lebaran. Rentang waktu itu yang kita prediksi sebagai puncak arus mudik untuk modal transportasi laut," ungkapnya dialog virtual Antisipasi Lonjakan Arus Mudik dikutip Kamis (12/4/2023).

Mugen menjelaskan, KSOP Balikpapan telah menyiapkan 12 kapal dengan kapasitas penumpang mencapai 67.000 ribu. Selain itu telah didirikan posko mulai tanggal 7 April hingga 8 Mei 2023 yang melibatkan stakeholder terkait.

"Kita sudah menyiapkan tenda di luar terminal keberangkata agar ruang tunggu di pelabuhan tidak sesak. Tenda ini bisa digunakan penumpang beristirahat sambil menunggu kedatangan kapal,"ujarnya.

Untuk kelancaran mudik, dia mengimbau agar calon penumpang memesan tiket sebelum hari keberangkatan menggunakan aplikasi online. Pasalnya, tidak ada lagi counter tiket di pelabuhan untuk menghindari terjadinya pembelian melalui calo atau jasa yang tidak resmi.

"Apa yang dipraktekkan diudara kita terapkan dilaut, sehingga bisa tertib dan Alhamdulillah ini sudah hari kelima relatif tertib dan juga tiket tidak ada masalah mereka sudah beli online tinggal datang chek in saja," tukasnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network