Keberangkatan Ditunda, Jamaah Umrah Kaltim Diminta Bersabar

Abriandi
Pemberangkatan jamaah umrah Indonesia ditunda menyusul merebaknya varian Omicron. (foto: ist)

SAMARINDA, iNews.id - Harapan jamaah umrah asal Kalimantan Timur untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci Mekkah harus kembali tertunda. Karena itu, jamaah diminta bersabar dan terus memantau perkembangan dari pemerintah.

Pemerintah kembali menunda pemberangkatan jamaah umrah Indonesia yang sedianya diberangkatkan Desember lalu. Kebijakan ini diambil menyusul merebaknya mutasi baru Covid-19, varian Omicron.

Untuk itu, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi meminta calon jamaah umrah yang belum bisa berangkat menunaikan ibadah umrah dapat bersabar dan mengambil hikmah penundaan tersebut.

"Tidak ada yang tak mungkin tertunda, jika tidak ada undangan (panggilan) Allah SWT, termasuk menunaikan rukun Islam kelima (ibadah haji). Kita kembalikan ketentuan Allah dan ini bukan kehendak kita. Ini adalah takdir yang harus diterima secara legowo dengan penuh kesabaran,” katanya di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim.

Meski dibatalkan pemberangkatannya, Hadi meminta Kemenag Kaltim tetap melakukan tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan ibadah umrah utamanya melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk Kemenag Pusat.

“Kita harapkan pada saatnya nanti, pemberangkatan ibadah umrah bisa dilaksanakan. Para calon jamaah umrah dapat bersabar,” pesan Hadi Mulyadi.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim H Masrawan mengatakan pihaknya masih tetap menunggu keputusan pemerintah pusat, apakah nanti ada pemberangkatan calon jemaah umrah atau tidak.

“Pada intinya kita menunggu keputusan pemerintah pusat, khususnya dari Kementerian Agama RI. Apakah tahun ini ada pemberangkatan calon jemaah umrah atau tidak. Kalaupun ada, kemungkinan harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum maupun sesudah penyelenggaraan ibadah umrah. Kita selalu berkoordinasi dengan penyelenggara ibadah umrah di Kaltim,” jelas Masrawan. 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network