Cegah Pencurian Data, Ini Tanda-tanda Handphone Disadap

Abriandi
Tanda-tanda handphone disadap wajib diketahui untuk mencegah pencurian data. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tanda-tanda handphone disadap penting diketahui di tengah maraknya tindakan ilegal tersebut. Hal ini untuk melindungi handphone dari pencurian data maupun kemungkinan pemerasan.

Kemajuan teknologi ibarat simalakama. Tidak hanya untuk tujuan baik, perkembangan teknologi banyak dimanfaatkan untuk kejahatan. Salah satunya adalah pencurian data melalui metode penyadapan.

Hal ini membuat pengguna handphone wajib mengetahui tanda-tanda handphone disadap. Dilansir dari laman Telkomsel, Sabtu (17/6/2023), ada lima tanda-tanda handphone disadap yang wajib diketahui. Berikut ulasannya.

Tanda-tanda Handphone Disadap 

1. Daya Baterai Cepat Habis dan Lemot

Tanda-tanda handphone disadap yang pertama adalah bisa dilihat dari daya baterai yang cepat habis. Baterai handphone yang disadap akan terkuras dengan cepat karena penyadap membongkar aplikasi yang ada di dalam hp. 

Selain itu, handphone juga akan terasa lemot. Hal ini dikarenakan penyadap mengendalikan HP dari jarak jauh sehingga kinerjanya menjadi menurun.
 
2. Aplikasi Terbuka Tiba-tiba

Tanda handphone disadap berikutnya adalah aplikasi yang terbuka sendiri. Pengguna wajib curiga bila tiba-tiba handphone membuka aplikasi tanpa disentuh. Bisa jadi, penyadap sedang mengendalikan handphone dari jarak jauh.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network