Wisata di Malang saat Positif Covid-19, Reza Fahd Terancam Hukuman Satu Tahun Penjara

Avirista Midaada
Ilustrasi wisatwan.(Foto:Ist)

MALANG, iNewsKutai - Reza Fahd Adrian, wisatawan asal Samarinda yang viral lantaran membagikan video tengah jalan-jalan di Kota Malang saat terkonfirmasi positif Covid-19, kini jadi buruan Polresta Malang. 

Reza disangkakan melanggar undang-undang kesehatan karena nekat tetap berwisata dan mengunjungi sejumlah lokasi di Kota Apel. Polresta Malang telah berkordinasi dengan Polresta Samarinda untuk melayangkan surat panggilan pemeriksaan kepada pelaku.

Baca juga: Reza Fahd Adrian, Wisatawan Asal Samarinda Positif Covid-19 Pamer Jalan-Jalan di Malang Minta Maaf

Langkah ini diambil polisi karena kasus tersebut telah viral dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Karenanya, yang bersangkutan harus memberikan klarifikasi. Wakapolresta Malang Kota, AKBP Deny Heryanto mengatakan, pelaku bisa dikenai pasal 93 Undang-Undang Kekarantinaan kesehatan tahun 2018.

Ancaman hukumannya bisa satu tahun penjara atau denda Rp 100 juta. Namun, sebelum itu, polisi masih menunggu kedatangan pelaku ke Kota Malang guna memberikan klarifikasi secara langsung.  

"Memang pelaku sudah meminta maaf melalui media sosial. Tetapi dia juga tetap harus datang ke Malang karena apa yang dilakukan ini sudah menimbulkan keresahan," katanya, Rabu (9/2/2022). 

Deny mengaku sudah mengirimkan surat pemanggilan kepada Reza Fahd Adrian beserta sang istri. Kemudian yang bersangkutan juga sudah menjawab panggilan tersebut dan pasutri tersebut minta waktu untuk berkoordinasi dengan kantor tempatnya bekerja sebelum datang ke Kota Malang memenuhi panggilan pihak Polresta Malang Kota.  

"Kemungkinan untuk pemeriksaan yang bersangkutan paling cepat pekan ini. Tetapi bisa juga pekan depan," ujar Deny.

Deny menambahkan, saat ini posisi pelaku sudah berada di Samarinda. Sebelum kembali ke Samarinda kondisi pelaku diakui sudah negatif. Namun demikian kejadian yang kemudian menjadi viral tersebut adalah pada 23 - 27 Januari lalu. Maka dari itu, pemeriksaan akan difokuskan pada peristiwa ditanggal tersebut.

"Karena ini kondisinya sudah viral, maka pasutri ini harus kooperatif dan datang untuk memenuhi panggilan polisi," katanya. 

Jika dalam dua kali pemanggilan, kepolisian bakal menjemput paksa yang bersangkutan. Namun pihaknya kini masih melakukan pemanggilan pertamanya kepada Reza Fahd Adrian. "Belum karena kita minimal dua kali kalau dia tidak hadir baru dengan berat kita membawa," ucapnya.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Tinton Yudhaa Riambodo menjelaskan bahwa secara umum yang bersangkutan memiliki itikad baik untuk bertanggung jawab. Tetapi karena sudah terlanjur viral maka pemeriksaan tetap berjalan.  

"Kami juga tetap memperhatikan situasi dan kondisi pelaku. Kami harap yang bersangkutan bisa datang sesuai jadwal yang sudah disiapkan," katanya.  
Sebelumnya diberitakan, seorang pria yang diduga terpapar Covid-19 berjalan-jalan di sebuah supermarket viral beredar di media sosial. Sang pria diketahui mengunggah dirinya terpapar Covid-19 karena hasil tes untuk ke Bali keluar. 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network