Air Tidak Kunjung Surut, Banjir Mahakam Ulu Meluas ke Wilayah Kukar

Abriandi
Warga korban banjir Mahakam Ulu beraktivitas di atap rumah. Banjir mulai meluar ke Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. (foto: ist/fb:chary wijayanti)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Banjir yang merendam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) tidak kunjung surut hingga Jumat (17/5/2024). Bahkan, banjir makin meluas hingga ke kabupaten tetangga seperti Kutai Barat dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Di Kukar, dua kecamatan yakni Tabang dan Kembang Janggut sudah mulai merasakan dampak kenaikan permukaan air Sungai Mahakam. Kawasan permukiman air warga yang berada di bantaran sungai sudah terendam air meski belum signifikan mengganggu aktivitas warga.

Namun, dikhawatirkan ketinggian akan terus meningkat seiring intensitas hujan yang masih tinggi di hulu Sungai Mahakam. Warga di wilayah Tabang dan Kembang Janggut sudah bersiap menerima banjir kiriman dengan mengungsikan kendaraan bermotor ke tempat lebih tinggi.

Berdasarkan informasi BPBD Mahulu, air sempat menunjukkan tanda-tanda surut pada Kamis siang. Namun, hujan deras di bagian hulu membuat air sungai kembali meningkat pada sore hari.

"Intensitas hujan di hulu Mahakam itu sangat tinggi sehingga terjadi banjir susulan. Arus Sungai Mahakam juga sangat deras, riskan menggunakan trasportasi air," jelas Kepala Pelaksana BPBD Mahulu Agus Darmawan dikutip dari laman Diskominfo Kaltim, Jumat (17/5/2024).

Menurutnya, fasilitas pelayanan publik seperti rumah sakit, Kantor BPBD, beberapa OPD dan sekolah juga terendam sehingga tidak dapat beroperasi. Dia menyebut, banjir ini dipicu curah hujan yang sangat tinggi di bagian hulu Mahakam. 

"Status tanggap darurat sudah diterapkan supaya bisa bergerak cepat untuk menangani bencana banjir ini, dimulai sejak tanggal 14 Mei, sampai 14 hari ke depan," ujarnya. 

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network