Pasokan Listrik Belum Pulih, Aktivitas Warga di Mahakam Ulu Masih Lumpuh

Emy Adawiyah
Aktivitas warga Mahakam Ulu masih lumpuh pascabanjir lantaran pasokan listrik belum pulih. (foto: ist/bnpb)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Banjir yang merendam di Kabupaten Mahakam Ulu sudah surut. Namun, hingga Sabtu (18/5/2024) aktivitas masyarakat masih terganggu lantaran pasokan listrik belum pulih total.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik mengungkapkan masalah mendesak pascabanjir di Mahakam Ulu adalah pemulihan pasokan listrik. Berdasarkan data dari PLN di Ujoh Bilang, dari 3.339 pelanggan, sebanyak 1.350 terdampak dan belum pulih.

Kemudian di Datah Bilang ada 646 pelanggan, dengan 540 pelanggan yang terdampak dan belum ada yang menyala.

"Saat ini kita fokus adalah memastikan pasokan listrik bisa kembali untuk masyarakat dan kebutuhan pangan sehari-hari,” kata Akmal Malik dalam konferensi pers di Hotel Royal Suite Balikpapan, Sabtu (18/5/2024). 

"Yang baru teratasi di Long Iram, ada 1.300 pelanggan, sekitar 540 sudah menyala. Jadi listrik baru menyala di Long Iram. Tadi kami sudah berkoordinasi dengan PLN, kita berharap mudah-mudahan hari ini, terutama di Ujoh Bilang, karena cukup besar jumlah pelanggannnya,” ujarnya. 

Akmal mengatakan, kolaborasi pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan karena infrastruktur PLN rusak parah. Saat ini, untuk kebutuhan darurat sekitar 1.200 kilowatt.

Pemkab Mahulu memiliki mesin berkapasitas 2.200 kilowatt namun tidak terkoneksi dengan jaringan PLN. 

“Saya bersama Kapolda, Bupati Mahulu akan berkunjung ke Mahakam Ulu, berangkat jam 8.30 Wita pagi ini. Saya berharap ada orkestrasi yang baik dalam menangani masyarakat terdampak bencana ini. Terutama kebutuhan-kebutuhan listrik,” kata Akmal Malik. 

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network