Penetapan Idul Adha 1445 H, Kemenag Pantau Hilal di 114 Titik Hari Ini

Muhammad Farhan
Kemenag akan melakukan pemantauan hilal Idul Adha 1445 H di 114 Titik di seluruh Indonesia. (Foto: ilustrasi/dok okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan hari raya Idul Adha 1445 H di Auditorium Kemenag, Jakarta Jumat (7/6/2024) hari ini.

Untuk memantau hilal, Kemenag akan menempatkan petugas di 114 titik di seluruh Indonesia. 

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat akan mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Alur sidang isbat awal Zulhijah akan dimulai dengan seminar hybrid terkait kriteria penetapan awal bulan Hijriyah. Seminar diikuti perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan. 

Setelah Magrib, acara dilanjutkan dengan sidang isbat secara tertutup. Hasil sidang isbat diumumkan melalui konferensi pers penetapan awal Zulhijah.

"Sidang isbat penetapan hari raya Idul Adha ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah," jelas Kamaruddin dalam keterangannya dikutip Jumat (7/6/2024).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menambahkan, berdasarkan data, posisi hilal telah melampaui kriteria Imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yang mensyaratkan tinggi hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat

"Pada 7 Juni 2024 atau 29 Zulkaidah 1445, di seluruh wilayah Indonesia, ketinggian hilal berada di atas ufuk antara 7° 15.82' sampai 10° 41.09'. Sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan MABIMS," katanya.

Dalam posisi tersebut berdasarkan dan perhitungan, posisi hilal sudah berada di atas kriteria Imkanur rukyat. Artinya hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. 

"Tinggal nanti bergantung dengan cuaca setempat," pungkasnya.

Sebelumnya, Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah terlebih dulu mengumumkan penetapan hari raya Idul Adha. Warga Muhammadiyah akan merayakan hari kurban pada Senin 17 Juni 2024.

Artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network