Gandeng PKB, PDI Perjuangan Siap Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Nur Khabibi
PDI Perjuangan menjajaki kemungkinan mengusung Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - PDI Perjuangan menjajaki kemungkinan mengusung Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta. Partai berlambang banteng itu bahkan sudah menjalin komunikasi dengan PKB untuk berkoalisi.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengaku tengah menjalin komunikasi politik dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Mereka membicarakan peluang kedua partai mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta. 

"Ketika kerja sama kami dengan PKB terealisasi dalam Pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB dalam hal ini Pak Anies Baswedan. Dibicarakan juga dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI Perjuangan," kata Basarah di Kantor DPP PKB, Sabtu (8/6/2024). 

Namun demikian, Basarah menyatakan PDIP tidak menutup pintu bagi partai lain untuk berkoalisi dalam pilkada tahun ini. Mari kita tunggu beberapa waktu lagi dan melihat dinamika politiknya akan seperti apa," ujarnya. 

Keinginan PDIP mengusung Anies di Pilkada Jakarta sebelumnya sudah dilontarkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Dia mengaku partainya tertarik untuk mempertimbangkan mengusung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024. 

Dia mengaku PDIP masih mencermati apakah nantinya akan mengusung kadernya untuk maju sebagai calon gubernur atau mempertimbangkan tokoh di luar partai. 

"Realistis saja bagaimana melihat situasi di lapangan. Karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," ujarnya.

Anies sendiri menanggapi keinginan PDIP dengan menyatakan sangat menghormati keinginan tersebut. Namun, dia mengaku belum ada pembicaraan terkait hal tersebut.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network