Donald Trump Ditembak, Ini Deretan Percobaan Pembunuhan Presiden dan Capres Amerika Serikat

Andika Hendra Mustakim
Sebanyak 13 calon presiden dan presiden Amerika Serikat mengalami percobaan pembunuhan seperti yang dialami Donald Trump. (foto: ilustrasi/reuters)

5. Franklin Roosevelt 

Pada 1933, Roosevelt menjadi target pembunuhan di Miami oleh seorang imigran Italia, Giuseppe Zangara. Roosevelt tidak terluka, tapi Anton Cermak, walikota Chicago, tewas dalam serangan itu. 

6. John F Kennedy 

Kennedy ditembak mati saat iring-iringan mobilnya melewati pusat kota Dallas. Presiden ke 35 AS itu ditembak dari jarak jauh dan meninggal di rumah sakit beberapa jam kemudian. 

Polisi kemudina menangkap pelaku, Lee Harvey Oswald. Sayangnya, saat akan dibawa ke penjara, dia ditembak mati oleh Jack Ruby, seorang pemilik klub malam Dallas. 

7. Robert F Kennedy 

Adik John F Kennedy sedang berkampanye untuk nominasi Partai Demokrat dan baru saja memenangkan pemilihan pendahuluan California tahun 1968.

Ironis, setelah menyampaikan pidato kemenangannya, dia ditembak mati oleh Sirhan Sirhan. Dia kemudian dijatuhi hukuman mati namun diubah menjadi penjara seumur hidup.

8. George Wallace 

Wallace sedang berkampanye sebagai calon presiden dari Partai Demokrat ketika dia ditembak di Maryland. Dia ditembak empat kali dan salah satu pelurunya bersarang di tulang belakangnya. 

Akibatnya, Wallace lumpuh seumur hidupnya. Pelakunya adalah Arthur Bremer dan dijatuhi hukuman penjara. Dia dibebaskan pada tahun 2007. 

9. Gerald Ford 

Ford mungkin menjadi presiden dengan percobaan pembunuhan terbanyak. Presiden ke 38 itu dua kali lolos upaya pembunuhan dalam waktu 17 hari di Sacramento dan San Francisco.

Pelakunya wanita yakni Lynette Fromme dan Sarah Jane Moore. Mereka menerima hukuman seumur hidup pada 1975 

10. Ronald Reagan 

Reagan ditembak pada 1981 usai berpidato di Washington, DC. Dia ditembak John Hinckley Jr dan mengenai paru-paru kiri hingga nyaris mengenai jantungnya. 

Beruntung, Reagan selamat. Naamun, Hinckley ditangkap dan dinyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan. Dia hanya dikurung di rumah sakit jiwa.

11. Bill Clinton 

Pada 1994 Clinton berada di dalam Gedung Putih ketika Francisco Martin Duran menembaki gedung tersebut menggunakan senapan semi-otomatis. 

Presiden ke 42 itu tidak terluka. Duran dihukum karena mencoba membunuh presiden dan dijatuhi hukuman 40 tahun penjara. 

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network