Rusak Parah, Jalan Poros Tenggarong-Loa Janan Terancam Putus

Abriandi
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meninjau kerusakan jalan poros Tenggarong-Loa Janan. (foto: ist/pemkab kukar)

TENGGARONG - Kerusakan jalan poros Tenggarong-Loa Janan tepatnya di Pal 8 Desa Rempanga dan Dusun Margasari, Desa Jembayan semakin parah. Bahkan, jalan nasional di Margasari dikhawatirkan terputus jika tidak segera dibenahi.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah yang meninjau langsung kerusakan jalan mengaku banyak aduan masyarakat mengenai jalan rusak tersebut. Tidak jarang, kecelakaan terjadi dan mengakibatkan pengendara roda dua terjatuh.

Dia pun menjelaskan jika jalan poros tersebut merupakan jalan nasional yang menjadi kewenangan Kementerian PUPR. Pemkab sudah sudah dua kali bersurat ke Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim terkait pembenahan jalan poros tersebut namun tidak digubris.

"Kami sudah dua kali bersurat, cuma memang belum ada respons balik, jadi kita tunggu saja. Pal 8 ini kita tutup lubang-lubangnya, tapi karena statusnya jalan negara jadi tidak bisa maksimal," ungkap Edi Damansyah dikutip dari laman Pemkab Kukar, Minggu (4/8/2024).

Edi juga meminta longsor yang berada di Dusun Margasari, Desa Jembayan segera mendapatkan perhatian. Kondisi longsoran yang menyisakan setengah badan jalan, semakin tergerus. 

Dikhawatirkan, jalan akan putus jika tidak mendapat penanganan secepatnya. Apalagi, jalur tersebut vital menuju Kota Tenggarong.

"Karena ini ruas jalan yang sangat vital digunakan beraktivitas, Kalau ini putus akan menimbulkan persoalan baru," ujarnya.

Dia pun berencana mengubah status ruas jalan tersebut menjadi jalan kabupaten untuk memudahkan penanganan jika terjadi kerusakan.

Untuk penanganan jangka pendek, adalah melakukan semenisasi pada lubang-lubang agar tidak lagi terjadi kecelakaan di ruas jalan tersebut.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network