30 Anggota DPRD Berau Resmi Dilantik, Liliansyah Ditunjuk jadi Ketua Sementara

Abriandi
Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Berau periode 2024-2029 dilantik, Senin (19/8/2024). (foto: ist/pemkab berau)

TANJUNG REDEB, iNewsKutai.id - Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Berau periode 2024-2029 dilantik, Senin (19/8/2024). Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Berau, John Paul Mangunsong di Gedung DPRD Berau.

Pelantikan ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji serta penandatanganan berita acara dan penyematan tanda jabatan. Pelantikan disaksikan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Wakil Bupati, Gamalis, Sekretaris Kabupaten, M Said, dan pejabat Pemkab Berau.

Komposisi anggota DPRD Berau hasil Pemilu 2024 ini hanya berasal dari sembilan partai politik dari total 18 parpol peserta pemilu. Partai NasDem menjadi pemilik kursi terbanyak yakni 5.

Diurutan kedua ada Partai Golkar, PKS, PPP dan Gerindra yang masing-masing meraih 4 kursi. Kemudian Partai Hanura dengan 3 kursi, Demokrat 2 kursi, PDI Perjuangan 2 kursi serta PKB dan Perindo masing-masing 1 kursi. 

Dalam pelantikan tersebut juga dilakukan penyerahan palu sidang dari Ketua DPRD periode 2019-2024, Madri Pani kepada Ketua DPRD sementara, Liliansyah.

Bupati Sri Juniarsih membacakan sambutan Mendagri, Tito Karnivan menyampaikan agar anggota DPRD yang baru bersama eksekutif bisa menentukan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Bupati juga berharap agar kerja sama antara Pemkab Berau dengan DPRD bisa terjalin dengan baik. Masing-masing pihak dapat menjalankan dan mengambil peran sesuai dengan fungsinya. 

"DPRD memiliki tiga fungsi yaitu pembentukan peraturan daerah, penyusunan anggaran dan pengawasan. Mari bersama-sama sinergi dan kolaborasi dalam mebangun kerja sama untuk mendukung suksesnya agenda prioritas nasional," kata Sri Juniarsih dikutip dari laman Pemkab Berau.

Bupati juga menyampaik terima kasih kepada penyelengara pemilu yang telah menjalankan tugasnya sehingga proses pesta demokrasi berjalan lancar hingga pelantikan. Diharapkan juga kedepan proses ini bisa menjadi lebih baik lagi. 

"Kita semua bangga bahwa seluruh proses pemilihan legislatif tertib dan lancar. Ini menunjukan bahwa bangsa Indonesia dapat menjujung tinggi nilai demokrasi. Harus bangga dengan itu," tegasnya.

Pelantikan ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada 30 anggota DPRD terpilih yang dimulai dari bupati beserta wabup diikuti tamu undangan lainnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network