Tips Jalani Puasa Ramadan Agar Tubuh Tetap Bugar Sambut Lebaran

Abriandi
Jogging ringan menjadi salah satu cara menjaga kebugaran saat berpuasa. (Foto:Freepik/Ilustrasi)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Tidak terasa, hari raya Idul Fitri tersisa 10 hari lagi. Setelah 20 hari menjalankan puasa, tubuh sudah mulai beradaptasi dengan kondisi tanpa asupan makanan dan minuman di siang hari.

Namun, bukan berarti umat Islam bisa abai dengan kondisi tubuh karena puasa juga terkait dengan mental dan pikiran. Apalagi, kesibukan mempersiapkan Hari Kemenangan juga semakin padat.

Mulai dari membersihkan rumah, membuat kue untuk menjamu keluarga yang berkunjung hingga berbelanja untuk keperluan Lebaran. Karena itu, sangat penting menjaga tubuh tetap fit hingga hari raya Idul Fitri nanti.

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut ada sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk memastikan puasa bisa dilewati satu bulan penuh dan menyambut hari raya dengan kegembiraan

1. Tetap terhidrasi. 

Lebih sering mengonsumsi cairan dalam jumlah terkontrol sepanjang malam meskipun Anda tidak terlalu haus. Sangat penting untuk menghindari minuman mengandung kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi. 

Prioritaskan mengonsumsi air putih terutama saat berbuka puasa karena air merupakan sumber hidrasi terbaik untuk tubuh sebelum mengonsumsi makanan. Namun, jangan minum air putih terlalu banyak sekaligus karena berpotensi fatal yang disebut keracunan air.

2. Variasi menu makanan berbuka dan sahur

Berpuasa membuat tubuh membakar sejumlah cadangan energi pada siang hari hingga menjelag waktu berbuka. Karena itu, butuh asupan gizi seperti biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak dari tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan untuk memberi tubuh semua nutrisi yang dibutuhkan.

3. Jaga porsi makan

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyadari sudah cukup makan. Jadi jangan berlebihan makan saat berbuka puasa. Makan dengan porsi secukupnya dan berhenti sebelum benar-benar kenyang akan memberi lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar sekaligus.

4. Olahraga ringan

Meskipun puasa dapat melelahkan secara fisik, namun tidak boleh menjadi alasan bermalas-malasan. Cobalah berolahraga jelang waktu berbuka atau setelah berbuka untuk memastikan tubuh tetap aktif.

Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau joging ringan bisa menjadi pilihan. Namun perlu diingat untuk memperhatikan jarak dan intensitas agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

6. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan salah satu ibadah dalam puasa. Sempatkan waktu pada siang hari untuk tidur sejenak. Hal ini penting untuk menjaga tubuh tetap berenergi hingga jelang waktu berbuka. 

8. Bergembira dengan Ramadan

Bersukacitalah dengan Ramadan. Jalani puasa dengan keikhlasan karena ini adalah bulan yang paling menggembirakan tahun ini. Nikmati momen kebersamaan dengan keluarga, latih niat baik, dan bersabarlah dengan diri sendiri dan orang lain.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network