get app
inews
Aa Read Next : 4 Minuman yang Sebaiknya Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Ikan Laut Ini Tinggi Kandungan Omega-3, Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Kamis, 16 Juni 2022 | 10:27 WIB
header img
Ikan mengandung Omega-3 yang baik untuk penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. (foto: dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ikan laut dikenal sebagai salah satu makanan sehat. Tidak hanya bernilai gizi tinggi, ikan laut diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Omega-3 diketahui sangat baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol. Zat ini dipercaya dapat mencegah penyakit jantung maupun stroke.

Manfaat ikan bagi kesehatan akan semakin besar jika cara mengolahnya benar. Ada dua cara mengolah ikan agar kandungan Omega-3 bisa bermaanfaat untuk tubuh yakni dengan dikukus dan dipanggang.

Dilansir Medicinet, Selasa (14/6/2022), tercatat ada enam ikan yang wajib dikonsumsi bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Berikut daftarnya: 

1. Salmon

Salmon adalah satu satu ikan yang mengandung gizi paling tinggi. Tidak heran, harganya sangat  mahal di Indonesia karena ikan yang hidup di Samudera Pasifik dan Atlantik ini harus diimpor.

Ikan menyediakan protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. 

2. Tuna 

Ikan yang banyak ditemukan di Indonesia ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida yang meningkatkan rasio dan pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

3. Trout

Ikan trout adalah sumber protein, niasin, vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang sangat baik. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk fungsi otak dengan membantu memori, kinerja, dan perilaku serta membantu pertumbuhan dan perkembangan normal. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko kolesterol hingga penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan radang sendi. 

4. Herring 

Para peneliti telah menemukan bahwa ikan herring dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan menurunkan risiko irama jantung yang tidak normal, yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak, menurunkan kadar kolesterol trigliserida dalam aliran darah, mengurangi tingkat pertumbuhan plak penyumbatan pembuluh darah, dan dengan mencegah peradangan dan pembentukan bekuan darah. 

5. Makarel

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ikan makarel secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meminimalkan ukuran pinggang, melindungi dari depresi, dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Ikan jelas ink merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat dan seimbang. 

6. Sarden 

Ikan sarden bisa meningkatkan kolesterol baik. Ikan berlemak, seperti sarden, mengandung jenis asam lemak omega-3 esensial yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Linus Pauling Institute melaporkan bahwa 3 ons sarden menyediakan 45 gram EPA dan 74 gram DHA, menjadikannya salah satu sumber terbaik asam lemak esensial yang menyehatkan jantung.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut