get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Hari Ini Kunjungi Kaltim, Presiden Jokowi Tinjau Sumber Air Bersih IKN Nusantara di Bendungan Sepaku

Rabu, 22 Juni 2022 | 04:55 WIB
header img
Presiden Jokowi akan meninjau IKN Nusantara, hari ini. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (22/6/2022). Jokowi akan meninjau progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang menjadi penyuplai utama air bersih di ibu kota baru.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan, Presiden Jokowi akan tiba melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Ada tiga agenda utama yang akan dihadiri mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Salah satunya adalah kunjungan ke Bendungan Sepaku Semoi. Isran mengatakan, presiden ingin mengetahui secara langsung progres pembangunan sumber air bersih IKN Nusantara tersebut.

"Presiden akan berkunjung ke Bendungan Sepaku Semoi untuk melihat progres pembangunannya. Presiden akan mendengarkan penjelasan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait sumber air bersih IKN Nusantara dan Kota Balikpapan tersebut,"jelas Isran, Selasa (21/6/2022).

Presiden Jokowi juga akan kembali mengunjungi Titik Nol yang menjadi titik pusat dari kawasan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. Kementerian PUPR akan memberikan paparan terkait rencana dimulainya proyek infrastruktur dasar ibu kota baru pada Juli mendatang.

"Presiden juga akan menuju lokasi persemaian di Mentawir dan meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan lokasi untuk penghijauan IKN Nusantara tersebut,"ujarnya.

Sekadar diketahui, persemaian Mentawir sudah dikembangkan sejak beberapa waktu menjadi pusat pembibitan berbagai tumbuhan khas Kalimantan Timur dan dunia. Bibit-bibit pohon yang disemai di lokasi itu nantinya akan ditanam di segenap penjuru dan ruang-ruang terbuka IKN Nusantara.

Isran mengatakan, untuk memudahkan mobilitan, Presiden Jokowi akan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan. Setelah meninjau IKN, Jokowi dijadwalkan akan menuju Kota Samarinda.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut