get app
inews
Aa Read Next : Kabar Dunia, Aktor Senior Donny Kesuma Meninggal Dunia Usai Dirawat Akibat Penyakit Jantung

Jenis Minuman Ini Bisa Memicu Kolesterol Tinggi Penyebab Stroke, Pecinta Kafein Wajib Baca

Kamis, 23 Juni 2022 | 08:01 WIB
header img
Minuman penyebab kolesterol tinggi. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Gaya hidup terutama pola makan menjadi salah satu pemicu penyakit kolesterol tinggi. Minuman yang mengandung gula dan lemak tinggi, meningkatkan risiko terkena penyakit yang bisa memicu jantung korener dan stroke.

Kalori berlebih tersebut yang kemudian meningkatkan kadar kolesterol terutama jika dikonsumsi setiap hari. Meski pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, namun jika berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh.

Untuk itu, perlu menghindari deret minuman yang bisa memicu penyakit kolesterol. Dilansir Eat This, Rabu (22/6/2022),berikut daftar minuman yang bisa memicu kolesterol tinggi.

1. Minuman Berenergi

Minuman ini mengandung kafein sebanyak 300 miligram lebih banyak dari secangkir kopi biasa. Ketika dikonsumsi lebih banyak dari yang diperlukan, kafein bisa meningkatkan tekanan darah dan kolesterol. 

2. Alkohol

Berlebihan minum alkoholsetiap haru akan berdampak negatif terhadap kesehatan jantung. Alkohol diketahui meningkatkan trigliserida, dan penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa banyak minum alkohol, berdampak signifikan pada rasio lemak darah dan dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. 

3. Smoothie 

Smoothie mengandung lemak jenuh yang tinggi. Untuk satu sendok makan saja mengandung 12 gram zat peningkat kolesterol. Meta-analisis uji klinis 2020 di Circulation menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa selama dua minggu dapat meningkatkan kolesterol jahat sebesar 10,5 miligram per desiliter jika dibandingkan dengan minyak nabati non-tropis. 

4. Espreso 

Minuman kopi tanpa filter dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Mengonsumsi espresso tanpa filter secara teratur dan dokter telah memperingatkan tentang kolesterol Anda, inilah saatnya untuk beralih. 

5. Kopi Pers Prancis 

Tidak semua kopi dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol. Itu tergantung pada bagaimana kopi diseduh. Senyawa penambah kolesterol ampuh yang disebut cafestol ditemukan di tingkat tertinggi dalam kopi tanpa filter dalam french press dan espresso.

Dekafeinasi tidak mengurangi kolesterol, namun, senyawa tersebut dihilangkan dengan filter kertas kopi. Peneliti dari Belanda dan Baylor College of Medicine di Texas dalam sebuah studi 2007 yang diterbitkan di Molecular Endocrinology menunjukkan bahwa cafestol meningkatkan kolesterol dengan mengganggu reseptor di saluran usus yang mengatur lipoprotein. 

6. Minuman Manis 

Minuman yang dimaniskan dengan gula seperti minuman buah dengan tambahan gula, teh manis, dan lainnya juga memengaruhi kolesterol. Hanya dengan sedikit minum minuman ini, bisa memberikan dampak negatif. Menurut sains, soda dan minuman manis menjadi salah satu minuman terburuk yang menyebabkan kolesterol tinggi. 

7. Soda 

Soda, bahkan jenis diet, adalah hal yang mengerikan untuk diminum. Hanya perlu sedikit untuk berdampak negatif pada kolesterol. Baru-baru ini pada 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA menemukan bahwa orang dewasa yang minum satu atau lebih soda setiap hari memiliki risiko lebih besar untuk kolesterol tinggi. 

8. Milkshake 

Makan banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan kolesterol baik. Efeknya terjadi segera, bahkan setelah hanya sekali memanjakan diri dengan lemak tinggi, seperti milkshake, menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Laboratory Investigation.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut