get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Tim Penyelamat Khusus TNI Dampingi Jokowi Kunjungan ke Ukraina, Ini Tugas Utamanya

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:01 WIB
header img
Tim penyelamat khusus dari TNI akan mendampingi Presiden Joko Widodo kunjungan ke Ukraina. (foto ilustrasi: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tim penyelamat khusus dari TNI akan mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina, akhir Juni ini. Tim ini bertugas melakukan evakuasi jika terjadi situasi darurat di daerah konflik tersebut. 

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengungkapkan, tim penyelamat khusus ini beranggotakan 10 personel. Berbeda dengan Paspampres, tim kecil ini akan menggunakan seragam TNI dan bersenjata lengkap.

Tim penyelamat khusus ini sebelumnya tidak pernah dikerahkan dalam kunjungan kerja Jokowi. Mereka ditugaskan khusus untuk  ke Rusia dan Ukraina.

"Khusus kunjungan ke Ukraina, kita membawa personel tersebut dengan menggunakan pakaian, nantinya rencananya akan menggunakan PDL TNI. Tapi untuk main group-nya kita sendiri tetap penyelamatan dengan mengcover beliau secara langsung," kata Tri Budi, Kamis (23/6/2022). 

Menurut dia, Paspampres telah melakukan berbagai persiapan khusus untuk kunjung ke dua negara berkonflik tersebut. Mulai dari peralatan seperti helm hingga rompi antipeluru. Pihak Ukraina juga mengizinkan Paspampres membawa senapan laras panjang. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut