get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Rudal Ukraina Salah Sasaran, Hancurkan Pasar Ramai Pengunjung di Kostiantynivka, 17 Tewas

Rabu, 20 September 2023 | 11:59 WIB
header img
Pasar di Kota Kostiantynivka hancur dihantam rudal buk yang ditembakkan militer Ukraina. (foto al arabiya)

KYIV, iNewsKutai.id - Sedikitnya 17 warga sipil tewas saat rudal menghantam pasar sarat pengunjung di Kota Kostiantynivka, Ukraina. Apesnya, rudal itu ditembakkan oleh militer Kiev dan salah sasaran.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sempat menuduh Rusia bertanggung jawab atas serangan mematikan pada 6 September 2023 tersebut. Namun, hasil investigasi New York Times menunjukkan jika misil tersebut bukan milik Rusia.

Dalam laporan yang dikutip Rabu (20/9/2023), serangan rudal yang juga melukai 32 orang lainnya adalah milik militer Ukraina. Itu merupamkan jumlah korban tertinggi sejak perang berkobar.

Dalam laporannya, NYT menyebut jika serangan tersebut adalah kegagalan sistem rudal pertahanan udara Ukraina, Buk yang justru mendarat di jantung Kostiantynivka yang ramai. 

Dalam rekaman video setelah kejadian, kebakaran berkobar di gedung-gedung yang hancur dan tentara membawa kantong jenazah menjauh dari wilayah yang berada 12 mil (20 km) dari garis depan di wilayah Donetsk, Ukraina timur itu.

“Pecahan rudal, citra satelit, laporan saksi dan unggahan media sosial, menunjukkan bahwa serangan dahsyat itu adalah akibat dari penembakan rudal pertahanan udara Ukraina," tulis New York Times dalam laporannya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut