get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Pamer Sumber Daya Alam, Pemprov Rayu Investor Jepang Tanamkan Modal di Kaltim

Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:11 WIB
header img
Pemprov Kaltim menjajaki peluang investasi Jepang di sektor pertambangan dan perkebunan. (foto : ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Pemprov memamerkan potensi sumber daya alam (SDA) Kaltim kepada investor Jepang. Langkah ini diharapkan menarik pemilik modal asal Negeri Matahari Terbit untuk berinvestasi di berbagai sektor.

Di depan investor Jepang dalam Seminar Peluang Investasi di Ibu Kota Nusantara, Penjabat Sekda Kaltim Riza Indra Riadi menyampaikan jika Benua Etam terletak di tengah negara dan dilewati oleh jalur strategis perdagangan internasional Alur Laut Kepulauan Indonesia 2 (ALKI 2).

Selain itu, Kaltim sebagai produsen energi primer memiliki sumber daya alam melimpah, terutama batubara, minyak, gas dan kayu untuk mendukung keberlanjutan negara.

"Perekonomian Kaltim merupakan terbesar ke-7 di Indonesia dan tertinggi di Indonesia Timur dengan GDRP 48 milliar dan representasi 21,6 persen dari perekonomian," sebut Riza di depan Delegasi Investor Jepang, Kamis (23/6/2022).

Riza melanjutkan, Katim menduduki peringkat pertama sebagai ekonomi terbesar Indonesia timur dengan Rp659 triliun. Demikian juga PDB per kapita tertinggi di Indonesia sebesar 11.937 dollar AS.

Ekonomi Kaltim lanjutnya, kuat dan memiliki visi untuk pengembangan menjadi kawasan manufaktur dengan nilai tambah yang lebih maju. Hingga saat ini, nilai ekspor Kaltim mencapai 1,09 miliar dollar dengan neraca perdagangan pada Januari tahun ini mengalami surplus sebesar 0,89 miliar dollar AS.

Riza mengakui pertambangan masih menjadi penyumbang terbesar ekspor Kaltim sebesar 58,54 persen, migas 6,63 persen, industri 34,66 persen, pertanian 0,17 persen.

"Sedangkan impor terbesar dari sektor Industri 67,27 persen, hasil minyak 15,41 persen dan gas sebesar 17,32 persen," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut