get app
inews
Aa Read Next : Lawan Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Panggil 23 Pemain

Timnas Indonesia U-19 Pantang Anggap Remeh Brunei Darussalam

Senin, 04 Juli 2022 | 13:16 WIB
header img
Timnas Indonesia berpeluang pesta gol saat melawan Brunei Darussaam. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia U-19 akan melakoni laga kedua penyisihan Grup A kontra Brunei Darussalam, Senin (4/7/2022). Kendati akan melawan tim paling lemah, skuad Garuda Muda pantang menganggap remeh Brunei.

Timnas Indonesia memang superior jika bersua dengan Brunei Darussalam. Pada level kelompok usia 19 tahun, kedua tim sudah lima kali bentrok dan Indonesia selalu memenangkan pertandingan.

Tidak hanya itu, kemenangan Indonesia atas Brunei selalu disertai dengan gelontoran banyak gol. Rekor gol terbanyak diciptakan tim Merah Putih pada 2011 silam dengan catatan 10 gol tanpa balas.

Total 34 gol berhasil disarangkan timnas Indonesia ke gawang Brunei Darussalam. Dalam laga nanti, peluang serupa kembali terbuka lebar. Berkaca pada pertandingan sebelumnya melawan Myanmar, Brunei dihancurkan tujuh gol tanpa balas.

Karena itu, laga nanti menjadi peluang bagi Marselino Ferdinand membukukan gol sebanyak-banyaknya untuk menjaga aggregat gol dengan tim lainnya. Pasalnya, Indonesia saat ini masih di peringkat 4 setelah pada laga perdana hanya imbang melawan Vietnam.

Meski akan menghadapi lawan mudah, pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengaku jika timnya tidak boleh meremehkan Brunei Darussalam. Apalagi, juru taktik Korea Selatan itu masih belum paham betul gaya bermain sang lawan. 

“Sampai saat ini belum tahu seperti apa permainan Brunei. Tapi saya tahu kemasukan tujuh gol lawan Myanmar, tapi saya dengar performa mereka lumayan baik, cuma kemasukan tujuh gol,” kata Shin Tae-yong usai mendampingi pemainnya latihan di Lapangan Rawalumbu, Bekasi, Minggu (3/7/2022).

Shin Tae-yong belum melihat pertandingan Brunei Darussalam. Dia mempelajari skema permainan lawan bermodalkan video. “Jadi tetep kita harus fokus persispan tim dengan baik untuk pertandingan lawan Brunei, habis ini kembali ke hotel lalu langsung analisa tim Brunei seperti apa,” tuturnya.

Di sisi lain, pelatih Brunei Darussalam Faizalani Abdul Ghani pasrah jika tim nya jadi lumbung gol Indonesia. Dia beralasan persiapan timnya tak maksimal untuk menghadapi Piala AFF U-19 2022

Dia sadar timnya akan sangat kewalahan menghadapi Indonesia malam nanti. "Berat buat kami, melawan Timnas Indonesia U-19. Brunei kurang persiapan, tidak seperti Timnas Indonesia U-19 yang cukup matang," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut