get app
inews
Aa Read Next : Berteduh di Bawah Pohon, 3 Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes

Perjuangan Kuli Angkut Pasar Jadi Anggota TNI, Lulus Jalur Bintara Unggulan

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:17 WIB
header img
Perjuangan Sertu Lugas, seorang kuli angkut pasar menjadi anggota TNI. (foto: youtube TNI AD)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Perjuangan Sertu Lugas menjadi anggota TNI patut menjadi contoh bagi generasi muda yang ingin mengabdi sebagai tentara. Menjadi tulang punggung keluarga dengan menjual gorengan dan nyambi kuli angkut pasar, Lugas justru lulus jalur bintara unggulan.

Perjuangan panjangnya menjadi anggota TNI dibagikannya saat proses wisuda mahasiwa Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) Kodiklatad, Malang, Jawa Timur. Dia menceritakan jika mimpinya mengabdi pada negara sebagai tentara sempat pupus ketika sang ayah meninggal dunia. 

Jangan menjadi bintara, dia harus menjadi tulang punggung keluarga membiayai ibu dan menyekolahkan dua adiknya sejak masih duduk di bangku kelas 1 SMK. Sebagai anak sulung, dia mengambil alih tugas kepala keluarga dengan berjualan gorengan. 

Kegiatan itu dilakukannya setiap sore hari sepulang sekolah. Dia bertekad dirinya dan adik-adiknya tidak boleh putus sekolah. Karena itu, usai berjualan gorengan, malam harinya Sertu Lugas beranjak ke pasar mencari penghasilan tambahan. Di sana, ia menjadi kuli angkut hingga Subuh menjelang. 
 
"Ayah saya telah meninggal pada saat saya kelas 1 SMK, kemudian saya melanjutkan sekolah dan hidup dengan berjualan gorengan di pinggir jalan untuk menafkahi ibu dan menyekolahkan dua adik saya," ujar Lugas dalam video yang diunggah TNI AD, Kamis (24/2/2022). 

"Kegiatan itu saya lakukan dari sore selepas pulang sekolah sampai dengan tengah malam. Kemudian saya lanjutkan dengan menjadi kuli angkut sayur di pasar sampai Subuh dengan imbalan yang sekedarnya," imbuhnya. 

Dalam himpitan ekonomi tersebut, Sertu Lugas hampir dilanda putus asa. Pikirannya sempat mengatakan untuk berhenti saja dari sekolah lantaran hal itu malah menambah beban biaya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut