get app
inews
Aa Read Next : Kolam Eks Galian Tambang di Kaltim sudah Telan 51 Jiwa, Mayoritas Anak-Anak

5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Kaltim Nomor Berapa?

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:52 WIB
header img
5 daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. ( Foto : Dokumen iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Indonesia terkenal dengan kekayaan alam berupa minyak bumi. Sumber daya alam ini tersebar di sejumlah daerah mulai dari ujung barat hingga paling timur.

Banyak provinsi yang mengandalkan kekayaan SDA minyak bumi sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah. Semakin besar produksi minyak bumi yang dihasilkan, otomatis akan berdampak pada bagi hasil ke daerah.

Lalu, daerah mana saja di Indonesia yang terdaftar sebagai penghasil minyak bumi terbesar? berikut rangkumannya.

1. Riau

Riau menduduki urutan pertama pada daftar kali ini dikarenakan daerah tersebut memiliki enam blok minyak bumi yang tersebar di beberapa titik di Riau seperti Siak blok, Rokan, Mountain Front Kuantan, Selat panjang, Malacca Strait dan Coastal plains dan Pekanbaru. 

Tidak tanggung-tanggung, produksi minyak bumi dari enam blok tersebut mencapai 365 ribu barel an dan 6 ribuan barrel kondensat per hari.

2. Kalimantan Timur

Di nomor dua ada Kalimantan Timur. Kapasitas produksinya hanya 60 ribu barel minyak mentah dan 74 ribu barel minyak kondensat. Jika ditotal dalam per hari di daerah tersebut memproduksi 134 ribu barel minyak bumi.

3. Jawa Timur

Kemudian ada Jawa timur menjadi daerah selanjutnya yang memproduksi minyak bumi cukup banyak. Pasalnya blok Cepu yang merupakan blok minyak terkenal di Jawa Timur itu mampu menghasilkan kurang lebih 52,6 ribu barel per hari yang terdiri dari 52 ribu barel minyak mentah dan 326 barrel  minyak kondensat.

4. Sumatera Selatan

Kapasitas produksi minyak bumi yang dihasilkan dari daerah ini bisa mencapai 41 ribu barel per hari. Oleh sebab itu Sumatera Selatan masuk dalam kategori penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.

5. Papua Barat

Selanjutnya ada Papua Barat yang menjadi penghasil minyak bumi dengan kapasitas produksi hingga 14 ribu barel per hari. Oleh sebab itu kawasan ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut