get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati, Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang Anak-anak, Waspada Gejala Ini

Tingkatkan Kolesterol Baik dengan 9 Makanan Ini, Bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:02 WIB
header img
Cara meningkatkan kolesterol baik dalam darah untuk mencegah stroke. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jenis makanan untuk meningkatkan kolesterol baik penting diketahui demi kesehatan. Sedikitnya ada 9 jenis makanan yang berfungsi menambah high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

Sekadar diketahui, ada dua jenis kolestrol yang dihasilkan oleh tubuh yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).  Jenis pertama biasa disebut kolesterol jahat yang wajib dihindari.

Kelebihan LDL biasa disebut kolesterol tinggi menjadi pemicu gangguan kesehatan serius karena bisa membentuk plak yang menyumbat aliran darah. Jika sudah menyumbat pembuluh darah, akan memicu serangan stroke atau jantung.

Sedangkan HDL adalah kolesterol baik. Salah satu manfaatnya bagi tubuh adalah mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jenis ini bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini jenis makanan yang meningkatkan kadar kolesterol baik:

1. Ikan 

Ada beberapa jenis ikan yang tinggi kandungan Omega 3 dan kadar kolesterol HDL. Mulai dari Sarden, Salmon,  Mackerel, Trout, dan Albacore tuna 

2. Buah Berserat Tinggi 

Apel, pir dan prune merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL serta menurunkan kolesterol LDL. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur tentu akan menyehatkan tubuh dan terhindar dari penyakit kronis. 

3. Kacang-Kacangan 

Kacang-kacangan adalah sumber serat larut dan vitamin B yang sangat baik dalam menjaga fungsi jantung. Harga makanan ini juga terjangkau dan mudah didapat sehingga cocok jadi pilihan untuk menurunkan kolesterol LDL. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol jahat. Selain itu kacang juga bisa meningkatkan kadar HDL. 

4. Biji Chia 

Biji-bijian yang berasal dari tumbuhan Salvia hispanica ini memiliki sumber asam lemak omega, serat dan masih banyak kandungan baik lainnya. Menambahkan biji ini pada makanan akan membantu menurunkan kadar LDL, meningkatkan HDL dan juga menurunkan tekanan darah. 

5. Alpukat 

Selain nikmat dijadikan jus alpukat juga memiliki kandungan lemak dan serat tak jenuh sehingga baik bagi tubuh. Kombinasi nutrisi ini memungkinkan alpukat membantu membersihkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL. 

6. Coklat Hitam 

Daripada mengkonsumsi coklat biasa lebih baik beralih ke coklat hitam atau dark chocolate. Karena makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi meskipun tidak terlalu manis. Suatu penelitian mengungkapkan kadar kolesterol HDL mengalami peningkatan dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan sekitar 0,65% dari kadar normal. 

7. Buah Berry 

Kandungan serat dan antioksidan tinggi membuat buah berry bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. raspberry, blueberry, atau stroberi adalah beberapa berry yang bisa dijadikan santapan sehat. 

8. Gandum 

Gandum utuh ini juga kaya akan serat larut seperti kacang. Sehingga gandum ini bisa dijadikan sumber makanan peningkat kolesterol HDL. Kini banyak roti yang mengandung gandum utuh ini. 

9. Minyak Zaitun 

Minyak ini penuh dengan senyawa anti-inflamasi, asam oleat, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa, elenolide, yang ditemukan dalam minyak zaitun, terutama minyak zaitun berkualitas tinggi, membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut