get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Didominasi Komoditas Non Migas, Nilai Ekspor Kaltim Capai Rp273 Triliun

Selasa, 20 September 2022 | 05:06 WIB
header img
Komoditas ekspor Kaltim didominasi non migas seperti batubara dan sawit. (foto: ilustrasi/Ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Nilai ekspor Kaltim mulai menunjukkan pergerakan positif usai dua tahun anjlok akibat pandemi Covid-19. Hingga semester I 2022, nilai ekspor sudah mencapai 19,5 miliar dolar atau setara Rp273 triliun.

Nilai ekspo tersebut didominasi ekspor non migas dengan nilai 18,1 miliar dolar kemudian sektor migas 1,4 miliar dolar. Nilai tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dibanding periode yang sama pada 2021 lalu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim M Sa’duddin mengungkapkan, berdasarkan data BPS, nilai ekspor Kaltim pada semeste I 2021 hanya tercatat sebanyak 11,1 miliar dolar.

"Jadi ada peningkatan sekitar 75,71 persen untuk semester I 2022 yang mencapai Rp273 triliun atau 19,5 miliar dolar,"jelasnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Selasa (20/9/2022).

Dia menjelaskan, nilai ekspor ini akan terus bergerak naik hingga akhir Desember 2022. Sa’duddin optimistis secara keseluruhan sampai akhir tahun nanti, angka ekspor Kaltim juga akan mampu melampaui total capaian ekspor tahun lalu yang mencapai 23,8 miliar dolar.

"Kita optimistis ini terlampaui karena semester I saja sudah mencapai 19,5 miliar dolar. Ini sangat positif mengingat dalam dua tahun terakhir, ekspor sangat terpengaruh dengan pandemi Covid-19," ujarnya.

Sa’duddin menjelaskan, peningkatan nilai ekspor ini dipengaruhi kembali membaiknya harga batu bara dunia. Padahal, saat pandemi, ekspor Kaltim terus mengalami penurunan hingga hanya mampu mengirimkan produk senilai 12,9 miliar dolar.
.
“Tahun 2021 setelah mulai ada berbagai pelonggaran, ekspor Kaltim kembali naik menjadi 23,8 miliar USD,” jelas Sa’duddin.

Sementara negara-negara tujuan ekspor meliputi sejumlah negara di Eropa, Amerika dan juga Asia. Seperti Jepang, Korea, China, India, Taiwan, Singapura, Malaysia, Inggris, Jerman, Belanda, Islandia, Amerika Serikat, Maldives, Pakistan, Australia, Kanada, dan Bangladesh.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut