get app
inews
Aa Read Next : Siklon Tropis Jelawat, Wilayah Kaltim Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Waspada, Kaltim Berpotensi Diguyur Hujan Lebat hingga 3 Hari Kedepan

Minggu, 09 Oktober 2022 | 11:58 WIB
header img
BMKG memprakirakan hujan lebat mengguyur sebagian wilayah Kaltim dalam tiga hari kedepan. (ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kaltim. Cuaca buruk ini diprediksi berlangsung hingga tiga hari kedepan.

BMKG menyebut, cuaca buruk ini juga berpotensi terjadi di 32 provinsi di Indonesia. Sebagian di antaranya diperkirakan mengalami hujan lebat berstatus siaga. 

Hal ini dipicu adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

"Kemudian aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnavati, Sabtu (8/10/2022). 

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak, sebagian wilayah di Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi Tengah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga.

Di Kaltim, potensi cuaca buruk ini diperkirakan terjadi di Kota Balikpapan, Bontang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Paser, Berau, dan Melak. 

BMKG pung meminta instansi terkait memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan. 

Kedua, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

 

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Sebagian Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan Lebat Berstatus Siaga 3 Hari ke Depan, Ini Daftarnya)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut