get app
inews
Aa Read Next : Server Sirekap Terdeteksi di Singapura dan China, Ini Bahayanya bagi Hasil Pemilu 2024

Kabar Gembira, Obat dari Singapura Ampuh Obati Gangguan Ginjal Akut Anak-Anak

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 19:48 WIB
header img
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut obat gangguan ginjal akut sudah didatangkan dari Singapura. (foto: setkab)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kabar gembira berhembus dari penanganan gangguan ginjal akut pada anak. Obat atau penawar penyakit misterius itu sudah didatangkan dari Singapura.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai pusat ginjal nasional telah mendatangkan obat dari Singapura. Hasil uji coba pengobatan pada enam pasien menunjukkan proggres positif.

"Sudah ada obatnya (gangguan ginjal akut). Kita datangkan obatnya dari Singapura. Sudah tiba, kita coba dari enam pasien, empat positif repsonsif. Jadi, obat ini begitu kita lihat, repsonsnya positif," kata Menkes Budi, Jumat (21/10/2022).

Budi mengatakan, Kemenkes akan mendatangkan obat tersebut dalam jumlah banyak dan menyalurkannya ke seluruh rumah sakit sebagai langkah antisipasi jika ada pasien gangguan ginjal akut.

Pasalnya, penyakit yang diduga dipicu obat sirup mengandung zat berbahaya itu sudah ditemukan di 20 provinsi. Kandungan tersebut bernama etilen glikol dan dietilen glikol. Mayoritas penderita adalah anak-anak dengan lebih dari 200 kasus.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Kabar Baik, Menkes Budi Sebut Sudah Ada Obat Penawar untuk Gangguan Ginjal Akut)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut