get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 6 Sesuai Anjuran Rasulullah

Bukan untuk Pakaian, Mesin Cuci Ini Cocok Bagi yang Malas Mandi

Minggu, 30 Oktober 2022 | 11:09 WIB
header img
Mesin cuci untuk manusia sedang dikembangkan ilmuwan Jepang. (foto : wonderfulengineering)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Mesin cuci selama identik dengan membersihkan pakaian. Namun, di masa depan, mesin cuci untuk manusia yang malas direpotkan dengan urusan mandi sepertinya akan menjadi nyata.

Saat ini, ilmuwan Jepang sedang mengembangkan mesin cuci untuk manusia mandi. Dilansir dari Daily News (29/10), mesin cuci ini yang diberi nama Project Usoyaro ini dikembangkan menggunakan kecerdasan buatan.

Sebuah perusahaan teknologi berbasis di Osaka tidak hanya sekadar membersihkan namun juga menyertakan efek membuat tubuh menjadi rileks dengan tambahan pemutar video ataupun musik.

Mesin cuci ini diperkirakan akan rampun pada 2024, dan memulai debutnya di Osaka Expo 2025. Mesin tersebut dirancang untuk menyegarkan pikiran serta tubuh dengan menciptakan pengalaman senyaman mungkin bagi penghuninya.

Mesin ini terinspirasi oleh Pemandian Ultrasonik berbentuk telur dari Sanyo Electric yang dipamerkan di Paviliun Osaka pada Expo Osaka 1970. Kepala proyek, Yasuaki Aoyama, dilaporkan menghadiri pameran ketika dia berusia 10 tahun dan terpesona oleh penemuan itu.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pengguna duduk di kursi mandi dan disiram dengan gelembung mikro air untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit mereka. Sebuah sensor juga terpasang di kursi yang terhubung ke elektrokardiogram, guna mengukur detak jantung mereka.

Para peneliti saat ini menggunakan alat tersebut untuk memantau keadaan sistem saraf pengguna, dan melihat seberapa santai mereka saat menampilkan video pada layar tahan air. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut