get app
inews
Aa Read Next : Singgung Bansos Jokowi Jelang Pilpres 2024, Mahfud MD Sebut Politik Gentong Babi

5 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Ada Nama Soeharto

Kamis, 03 November 2022 | 13:35 WIB
header img
Menko Polhukam Mahfud MD mengumumkan lima tokoh penerima gelar pahlawan nasional. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional bagi lima tokoh yang dianggap berjasa selama masa perang kemerdekaan. Ada nama Soeharto tercatat sebagai salah satu penerima.

Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Mahfud MD menyatakan, gelar pahlawan diberikan kepada lima tokoh katena turut berjuang mendirikan Republik Indonesia.

"Gelar diberikan kepada lima tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," ujar Mahfud dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022). 

Mahfud yang juga Menko Polhukam selaku itu menyebut, tokoh pertama adalah almarhum Soeharto dari Jawa Tengah. Soeharto dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dan setelah kemerdekaan, ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

"Ikut pembangunan syariah dan pembangunan Monumen Nasional serta Masjid Istiqlal dan Rumah Sakit Jakarta. Almarhum juga salah seorang pendiri berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI)," kata Mahfud. 

Tokoh kedua yang menerima gelar adalah almarhum KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan Raja Paku Alam dari tahun 1937-1989. Beberapa jasa yang telah diberikan almarhum KGPAA Paku Alam VIII antara lain bersama Sultan Hamengkubowono IX dari Keraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan Republik Indonesia sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi utuh hingga saat ini.  

"Sehari sesudah (kemerdekaan) itu beliau menyatakan bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian Yogyakarta menjadi ibu kota yang kedua dari Republik Indonesia ketika terjadi agresi Belanda pada tahun 1946," ucap Mahfud. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut