Logo Network
Network

Inflasi Kaltim 5,83 Persen, Bank Indonesia Klaim Masih Terkendali

Emy Adawiyah
.
Jum'at, 04 November 2022 | 05:01 WIB
Inflasi Kaltim 5,83 Persen, Bank Indonesia Klaim Masih Terkendali
Kenaikan harga BBM khususnya pertalite menjadi pemicu utama inflasi di Kaltim. (Foto : ilustrasi/okezone)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Inflasi Kaltim periode Oktober 2022 tercatat sebesar 5,83 persen year on year (yoy) atau lebih tinggi dibanding inflasi nasional yakni 5,71 persen. Kenaikan harga pada kelompok penyedia makanan/minuman atau restoran serta tarif transportasi menjadi pemicu utama.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Ricky Perdana Gozali dalam keterangan resminya menyebutkan jika Indeks Harga Konsumen (IHK) Kaltim periode Oktober 2022 tercatat inflasi sebesar 0,17 persen (mtm), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,85 persen (mtm).

"Hal ini membuat inflasi tahunan Kaltim pada Oktober 2022 tercatat sebesar 5,83 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan capaian nasional pada angka 5,71 persen (yoy). Pemicu utamanya kenaikan harga di restoran dan transportasi,"jelas Ricky, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, inflasi pada kelompok penyedia makanan dan minuman sejalan dengan peningkatan keyakinan konsumen. Berdasarkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Kaltim, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode Oktober 2022 meningkat menjadi 133,67 dari 119,58 pada bulan sebelumnya.

Adapun IKK terbentuk dari keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen ke depan, dan lebih lanjut mengindikasikan peningkatan daya beli masyarakat. Peningkatan konsumsi masyarakat ini tercermin dari inflasi kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran sebesar 1,77 persen (mtm).

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.