get app
inews
Aa Read Next : Buka MTQ Nasional ke-30, Presiden Jokowi Tekankan Penguatan Nilai-nilai Alquran

Profil Ghanim Al-Muftah, Qori Disabilitas Pelantun Ayat Suci Alquran pada Pembukaan Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 | 06:00 WIB
header img
Profil Ghanim Al-Muftah, qori disabilitas yang melatunkan ayat suci Alquran pada pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter @Zezo_rmd)

DOHA, iNewsKutai.id Piala Dunia 2022 Qatar resmi dibuka Minggu (20/11/2022) malam di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Doha Utara. Pembukaan turnamen sepak bola terbesar sejagat itu diawali dengan lantunan ayat suci Alquran oleh qori disabilitas asal Qatar, Ghanim Al-Muftah.

Piala Dunia 2022 memang berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya yang selalu diwarnai dengan hiruk pikuk tari-tarian. Untuk pertama kalinya, perhelatan sepak bola empat tahunan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. 

Hal ini tidak lepas dari status Qatar sebagai tuan rumah yang notabene negara muslim. Ghanim yang mendapat kehormatan melantunkan ayat suci Alquran diketahui merupakan Duta Piala Dunia 2022 alias brand ambassador. 

Dikutip dari media setempat,  Maktoob Media, Ghanim merupakan sosok inspiratif di Qatar. 

"Ikon pemuda Qatar Ghanem Al Muftah akan membacakan ayat-ayat Alquran sebagai pembuka Piala Dunia 2022. Ini akan diikuti oleh pertunjukan 30 menit yang akan penuh kejutan,” tulis Maktoob Media dalam laporan, Minggu (20/11/2022). 

Dalam laporannya, Maktoob Media menyebut jika penunjukan Ghanim bukan tanpa alasan yang kuat. Hal ini dikarenakan semangat hidupnya yang tidak pernah padam ditengah keterbatasan.

Dia diketahui mengidap kondisi langka yang disebut Caudal Regression Syndrome (CDS), sejak kecil. Dia lahir dengan kondisi tubuh tanpa bagian bawah atau tanpa kaki.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut