get app
inews
Aa Read Next : Modus Cari Besi Tua, Dua Pria di Kutai Barat Gasak 52 Baterai Tower BTS Telkomsel

Tugboat Tenggelam di Sungai Mahakam, Kapten Kapal Hilang, Satu ABK Tewas

Senin, 21 November 2022 | 20:43 WIB
header img
Sat Polairud Polres Kubar melakukan pencarian korban kapal tenggelam. (foto: humas)

SENDAWAR, iNewsKutai.id - Sebuah kapal tugboat, Bahar 79 tenggelam di Sungai Mahakam tepatnya di Kampung Royoq Kec. Sekolaq Darat, Kutai Barat, Minggu (20/11/2022) malam. Kapal nahas itu karam sekitar pukul 21.40 WITA saat sedang berlabuh. 

Akibat kejadian tersebut, seorang Anak Buah Kapal (ABK) yakni Noldi ditemukan tewas terjebak di dalam lambung kapal. Sedangkan kapten kapal atas nama Fredy masih dalam proses pencarian. Sementara lima ABK lainnya berhasil menyelamtkan diri setelah terjun ke sungai saat kapal tenggelam

"Sejauh ini baru satu orang yang berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," jelasnya dikutip dari laman Polres Kubar, Senin (21/11/2022).

Korban ditemukan setelah tim penyelamat mengerahkan tiga unit excavator untuk menarik bangkai kapal ke tepian. Petugas juga terpaksa melubangi lambung kapal agar penyelam bisa mencari korban.

"Korban ditemukan tewas di dalam lambung kapal. Diduga saat kejadian berusaha mencari jalan keluar tapi kapal keburu tenggelam,"katanya.

Kanit Gakkum Polairud Polres Kubar Aipda Merang Lahang mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan ABK yang selamat, kejadian bermula ketika kapal tiba-tiba miring ke sebelah kanan.

Setelah diperiksa, lambung kapal ternyata terisi air. Awak kapal kemudian mengambil pompa celup untuk menguras air. Namun, setelah 15 menit, posisi kapal semakin miring sehingga awal kapal berinisiatif menyalakan mesin kapal.

"Mereka juga membangunkan kapten dengan maksud agar kapal dibawa ke pinggir sungai dan dikandaskan karena bagian belakang kapal sudah terendam air," ujarnya.

Belum sempat mencapai tepian, tiba-tiba bagian belakang kapal tenggelam sehingga lima awak yang sudah berusaha menguras air memilih terjun ke sungai menyelamatkan diri. Sementara kapten kapal, Fredy dan Noldi terjebak di dalam kapal ketika tenggelam.

Satpolairud Polres Kubar yang mendapat laporan kapal tenggelam kemudian bergerak menuju tempat kejadian. Petugas langsung melakukan pencarian dua orang yang hilang di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut