get app
inews
Aa
Read Next : Tarif Baru Whoosh Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berlaku 3 Februari, Mulai Rp150.000

Beroperasi Tahun Depan, Segini Harga Tiket Termurah dan Termahal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 09:07 WIB
header img
Harga tiket termurah dan termahal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (foto: dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kereta Cepat Jakarta-Bandung diproyeksikan beroperasi 2023 mendatang. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pun merilis harga tiket kereta yang membuat jarak tempuh kedua kota hanya 43 menit tersebut.

KCIC menetapkan harga termurah Rp125.000 untuk jarak dekat serta termahal pada kisaran Rp250.000 untuk rute Jakarta sampai Bandung dan sebaliknya. Namun, harga tersebut hanya akan berlaku dalam tiga tahun pengoperasian kereta cepat.

"Tarif ini hanya akan berlaku selama 3 tahun sejak pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Selanjutnya akan dilakukan penyesuaian," jelas Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi dalam rapat kerja DPR RI dengan Wakil Menteri BUMN, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, penyesuaian tarif setelah tiga tahun akan dilakukan berdasarkan kajian tentang willingness to pay yaitu Rp350.000 untuk jarak terjauh dan Rp150.000 untuk jarak terdekat. 

Dalam kesempatan tersebut, Dwiyana juga menjelaskan jika Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mengoperasikan 68 rangkaian kereta per hari. Satu rangkaian terdiri dari 8 kereta dengan kapasitas 601 penumpang. Moda transportasi ini akan beroperasi mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.00 WIB. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo optimisTIS Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada Juni 2023. Hal itu diungkapkannya setelah menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Presiden China Xi Jinping melalui tayangan virtual di Bali, Rabu (16/11). 

"Tadi kita telah melihat penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan saya optimistis kereta cepat ini dapat beroperasi di bulan Juni di 2023," ujar Jokowi.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Catat! Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dijual Rp125-Rp250 Ribu di 3 Tahun Awal)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut