get app
inews
Aa
Read Next : Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 6 Sesuai Anjuran Rasulullah

Kejutan Piala Dunia 2022: Jepang-Maroko Melaju ke Babak 16 Besar, Jerman-Belgia Tersingkir

Jum'at, 02 Desember 2022 | 07:25 WIB
header img
Timas Maroko merayakan keberhasilan mereka melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022. (foto: reuters)

DOHA, iNewsKutai.id - Kejutan lagi-lagi terjadi pada laga terakhir penyisihan grup Piala Dunia 2022. Dua tim non unggulan, Jepang dan Maroko memastikan tiket ke babak 16 Besar setelah memenangkan laga pamungkas, Kamis (1/12/2022) malam atau Jumat (2/12/2022) dinihari.

Jepang dan Maroko mengangkangi dua tim favorit juara di masing-masing grup yakni Jerman dan Belgia yang secara mengejutkan tersingkir. Manuel Neur dkk dan Romelu Lukaku cs harus angkat koper lebih cepat dari Qatar.

Kemenangan 4-2 Jerman atas Kosta Rika di grup E serasa tidak berarti karena pada pertandingan lainnya Jepang yang kurang difavoritkan saat melawan Spanyol justru memenangkan laga dengan skor 2-1. Hasil itu membuat tim Samurai Biru keluar sebagai juara grup didampingi tim Matador ke fase knock out.

Sedangkan Belgia dipulangkan Kroasia setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol. Pasalnya, pada pertandingan lainnya di grup, Maroko menang dua gol tanpa balas atas Kanada. Kemenangan ini membuat Maroko berhak melaju ke fase babak 16 Besar sebagai juara grup.

Performa Belgia selama penyisihan grup memang kurang meyakinkan. Setelah menang tipis 1-0 atas Kanada pada laga perdana grup, tim Setan Merah justru dipermalukan tim semenjana Maroko 0-2 pada laga kedua. Puncaknya saat laga penentu melawan Kroasia.

Agresivitas Belgia terbukti tidak mampu menaklukkan perlawanan sengit Luca Modric dkk. Tercatat, Romelu Lukaku dkk melepaskan 16 tembakan namun hanya tiga on target. Hasil ini membuat Belgia mengakhiri Piala Dunia 2022 di peringkat ketiga grup F dengan koleksi 4 poin.

Sementara di grup E, asa Jerman ke fase knock out sempat melambung tinggi. Der Panzer yang bermain agresif melawan Kosta Rika menang 4-2. Namun, kerja keras Thomas Muller sia-sia setelah Jepang berhasil comeback dan menang 2-1 atas Spanyol.

Usai laga, penyerang Thomas Muller langsung mengisyaratkan pensiun dari timnas Jerman. Meski harus tersingkir, namun dia menyatakan jika Piala Dunia 2022 adalah persembahan terbaiknya untuk Der Panzer.

"Di setiap pertandingan, saya mencoba untuk meninggalkan hati saya di lapangan. Saya telah melakukannya dengan cinta. Jika ini adalah pertandingan terakhir saya (bagi Timnas Jerman), itu adalah kesenangan besar. Kami mengalami saat-saat luar biasa bersama,” kata Muller dikutip I Mia San Mia, Jumat (2/11/2022). 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut