Pencalonan Berjalan Mulus, DPR Setuju Laksamana Yudho Margono Jadi Panglima TNI

Achmad Al Fiqri
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 20:57 WIB
Komisi I DPRD menyetujui KSAL Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. (Foto: SindoNews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Selangkah lagi Laksamana TNI Yudo Margono akan resmi menjabat Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Hal itu setelah Komisi I DPR memberikan persetujuan dalam rapat internal Komisi I DPR setelah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Yudo, Jumat (2/12/2022). 

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid saat memaparkan hasil uji fit and proper test. 

Hasil rapat internal itu selanjutnya akan dibawa ke rapat paripurna untuk diambil keputusan tingkat dua di rapat paripurna. 

Selain itu, dalam rapat internal tersebut, Komisi I juga menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Kesepakatan itu diambil setelah komisi pertahanan itu menyepakati pencalonan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. 

"Setelah mendengarkan dan mempertimbangkan fraksi-fraksi di Komisi I terhadap calon panglima TNI, maka Komisi I DPR memutuskan, menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," kata Meutya Hafid.

Meutya menyatakan, DPR mengapresiasi dedikasi Andika selama memimpin TNI. "Serta memberikan apresiasi atas dedikasinya membawa TNI semakin maju dan profesional," terang Meutya. 

Dari pantauan MPI di lapangan, para anggota Komisi I DPR RI memberi selamat kepada Yudo dengan memberi selamat. Tak hanya anggota DPR RI, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, dan KSAU Marsekal Fajar Prasetyo juga turut memberikan ucapan selamat kepada Yudo.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI dan Komisi I DPR Setuju Pemberhentian dengan Hormat Jenderal TNI Andika Perkasa)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini