Tahun Depan, Penumpang Pesawat Sudah Bisa Video Call dalam Penerbangan

Dini Listiyani
.
Senin, 05 Desember 2022 | 10:46 WIB
Mulai tahun depan, penumpang sudah bisa menggunakan HP secara maksimal dalam penerbangan. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Mulai Juni tahun depan, penumpang pesawat akan diperbolehkan menggunakan ponsel secara maksimal selama penerbangan. Mulai dari menonton video, mengakses internet hingga melakukan panggilan.

Kebijakan ini membuat aturan ponsel dimatikan atau menggunakan mode airplane, otomatis dihapus. Hal ini seiring dengan penyediaan pita frekuensi 5G untuk pesawat terbang. Hanya saja, regulasi ini baru akan berlaku untuk maskapai penerbangan di Uni Eropa.

Sebelumnya, penumpang pesawat hanya bisa menggunakan ponsel dalam mode airplane selama penerbangan. Jika pun terpaksa, penumpang bisa menggunakan WIFI yang disediakan di pesawat.

Sayangnya, untuk menikmati layanan tersebut membutuhkan biaya tambahan yang tidak murah. Selain itu, belum semua maskapai menyediakan layanan internet nirkabel di pesawatnya. Alhasil, penerbangan jarak jauh terkadang menjadi membosankan.

Namun, tahun depan situasi tersebut tidak akan dialami penumpang pesawat. Komisi Eropa mengumumkan telah memutuskan menghapus aturan airplane mode. Negara anggota diberi waktu menyediakan pita frekuensi 5G untuk pesawat mereka maksimal 30 Juni 2023.

Dikutip dari Gizmo China, Senin (5/12/2022), European Commission dalam pernyataan menjelaskan jika sistem baru ini lebih nyaman dengan kecepatan hingga 100Mbps.

Chief executive of the UK Flight Safety Committee Dai Whittingham mengatatakan, selama ini ada kekhawatiran penggunaan ponsel dapat mengganggu sistem kontrol penerbangan otomatis. 

"Apa yang telah ditemukan dengan pengalaman adalah risiko interferensi sangat kecil. Rekomendasinya selalu bahwa begitu Anda berada dalam penerbangan, perangkat harus dalam mode pesawat," katanya. 

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Goodbye Airplane Mode, Penumpang Pesawat Bakal Bisa Gunakan Ponsel Secara Maksimal)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini