Logo Network
Network

Luar Biasa, 10.800 Personel Gabungan Amankan Pernikahan Kaesang-Erina Gudono

R August
.
Kamis, 08 Desember 2022 | 22:43 WIB
Luar Biasa, 10.800 Personel Gabungan Amankan Pernikahan Kaesang-Erina Gudono
Royal Ambarrukmo menjadi lokasi pernikahan Kaesang dan Erina. 11.800 personel pengamanan diterjunkan. (Foto: royalambarrukmo.com)

SOLO, iNewsKutai.id - Puluhan ribu personel gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah diterjunkan untuk mengamankan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangareng, dengan Erina Gudono

Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 10.800 personel atau setara 11 batalyon dengan asumsi satu batalyon terdiri dari 700 hingga 1.000 personel.

Pangkogabwilhan II, Marsdya TNI Andyawan Martono Putra menyatakan, pengamanan tersebut untuk presiden, wakil presiden dan tamu negara setingkat kepala negara beserta keluarganya.

"Selama pengamanan, personel gabungan harus memberikan tenaga ekstra, serta tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang mengancam keselamatan VIP maupun VVIP," ujar Andyawan dalam apel gelar pasukan di halaman Stadion Manahan Solo, Rabu (7/12/2022). 

Perwira TNI AL itu menjelaskan, pengamanan akan dilakukan selama 24 jam dengan menempatkan personel di kantong-kantong strategis. "Pada hari H, mulai sore kami sudah masuk ke kantong-kantongnya dengan kekuatan penuh," tegasnya. 

Lebih lanjut dia menekankan, agar para personel pengamanan gabungan bisa melaksanakan koordinasi secara ketat, dan tepat dengan semua pihak yang terlibat. 

Personel harus bisa memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin, guna mendukung pengamanan, menguasai dan memahami tugas pokok, serta kewajiban sesuai fungsi masing-masing. 

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Lutfi mengatakan, berbagai persiapan pengamanan telah direncanakan secara matang, mulai dari rapat koordinasi pengamanan, hingga gelar apel pasukan. 

Menurutnya, para personel gabungan baik dari TNI, Polri, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat yang ikut dalam gelar pasukan harus sudah siap melaksanakan pengamanan. 

"Kami lebih siap dalam memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat di wilayah. Negara tidak boleh kalah, oleh karena itu saya perintahkan untuk seluruh jajaran yang terlibat pengamanan, harus selalu waspada kepada setiap bentuk ancaman keamanan," tegas Ahmad Lutfi.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada dengan judul : Fantastis! Personel Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina Gudono Capai 11 Batalyon)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.