get app
inews
Aa Read Next : Justin Hubner Tiba di Qatar, Siap Perkuat Timnas Indonesia U-23

Intip Fitur Canggih Al Hilm, Bola Khusus Semifinal dan Final Piala Dunia 2022

Senin, 12 Desember 2022 | 12:46 WIB
header img
Al Hilm, bola khusus untuk babak semifinal dan final Piala Dunia dilengkapi fitur canggih. (foto: fifa)

DOHA, iNewsKutai.id - Babak semifinal dan final Piala Dunia 2022 akan memakai bola khusus. Bukan sembarang bola, si kulit bundar yang diberi nama Al Hilm, dilengkapi sejumlah fitur canggih.

Pada fase grup hingga babak 8 Besar, seluruh kontestan Piala Dunia 2022 menggunakan bola yang diberi nama Al Rihla. Namun, untuk semifinal, FIFA menyiapkan bola khusus.

Menggunakan nama yang diambil dari bahasa Arab yang berarti mimpi, Al Hilm menyertakan teknologi Adidas 'Connected Ball' yang belum pernah ada sebelumnya termasuk di bola Al Rihla. 

Al Hilm mampu membantu ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat selama Piala Dunia ini. Hebatnya, bola ini dikombinasikan dengan data posisi pemain. 

Inovasi ini menawarkan data instans Video Match Officials, untuk membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan demi pengalaman fenomenal untuk para fans.

Teknologi baru ini mendukung sistem offside semi-otomatis, terutama dengan memberikan momen yang tepat ketika bola dimainkan dalam situasi offside yang ketat.

Semua bisa terjadi karena teknologi ini menggabungkan data bola yang ditangkap oleh sensor IMU di dalam bola dan menerapkan kecerdasan buatan. 

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi ofisial pertandingan video,” tutur Johannes Holzmuller. 

“Data dari bola membuka wawasan baru untuk mendongeng seputar momen unik di lapangan di Piala Dunia ini,” lanjut pria yang menjabat Direktur Teknologi & Inovasi Sepak Bola di FIFA itu. 

Kecanggihan lain dari Al Hilm adalah karena dibuat hanya menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air. Tujuannya, bola ini dirancang dengan lingkungan sebagai intinya - semua komponen telah dipertimbangkan dengan cermat. 

Desain Al Hilm diatur pada warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus, mengambil inspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi kota Doha, warna piala Piala Dunia, dan pola bendera Qatar.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul : Ini Kecanggihan Al Hilm, Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut