get app
inews
Aa Read Next : Amankan Perayaan Paskah di 50 Gereja, Polres Bontang Terjunkan 140 Personel

Jelang Misa Natal, Tim, Gegana Brimob Polda Kaltim Sterilisasi Gereja di Balikpapan

Sabtu, 24 Desember 2022 | 22:44 WIB
header img
Tim Gegana Brimob Polda Kaltim melakukan sterilisasi gereja di Kota Balikpapan. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Tim Gegana Brimob Polda Kaltim melakukan sterilisasi atau pengecekan terhadap gereja-gereja yang ada di Kota Balikpapan jelang Misa Natal 2022, Sabtu (24/12/2022).

Tim gegana menyisir setiap sudut gereja menggunakan detektor logam dan anjing pelacak K9. Seperti di Gereja St Martinus Lanud Dhomber, personel Brimob mengecek setiap sudut, mulai dari kolong kursi, hiasan Natal, hingga perangkat listrik gereja menggunakan metal detector.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo engatakan kegiatan sterilisasi ini merupakan standar operasional prosedur (SOP) terkait pengamanan Natal untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami berikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat, saudara kita yang akan beribadah di Natal tahun ini,” katanya, Sabtu (24/12/2022).

Kombes Yusuf memastikan tidak ditemukan hal yang mencurigakan di gereja-gereja yang telah dilakukan sterilisasi. Dia pun berharap umat Nasrani di Kota Balikpapan bisa merayakan Natal dengan aman dan lancar.

Sepekan sebelum Natal, Batalyon A Pelopor Korps Brimob Polda Kaltim memang telah mengintensifkan patroli dan meningkatkan pengamanan di gereja-gereja untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai mengatakan, patroli dilakukan dengan koordinasi bersama pihak gereja dalam memberikan jaminan keamanan saat perayaan Natal. Salah satunya dengan menempatkan polisi bersenjata di gereja untuk membantu pengamanan selama kegiatan Natal.

“Tujuannya agar gereja tetap dalam kondisi kondusif hingga tahun baru 2023 mendatang. Dan secara umum diharapkan Kota Balikpapan tetap aman kondusif,” ujar Kombes Andy Rifai.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut