get app
inews
Aa Read Next : Masa Pancaroba, BMKG Imbau Waspada Bencana Banjir dan Puting Beliung

Cuaca Ekstrem, Wilayah Kaltim Dibayangi Bencana Banjir dan Puting Beliung

Kamis, 05 Januari 2023 | 06:17 WIB
header img
BPBD Kaltim mengimbau warga waspada dengan potensi bencana akibat cuaca ekstrem. (foto: ilustrasi/Istimewa)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana menyusul cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi sepanjang Januari.

Kepala Seksi Penanganan Darurat BPBD Kaltim Sugeng Priyanto menyatakan, bencana sewaktu-waktu bisa terjadi karena cuaca ekstrem yang sulit diprediksi. Dia pun meminta BPBD kabupaten/kota untuk siaga.

"Semua harus waspada dengan kejadiaan yang tidak terduga karena bencana bisa terjadi kapan saja. BPBD kabupaten dan Kota harus siap siaga menghadapi cuaca ekstrem," ungkapnya, Rabu (4/1/2023).

Dia mencontohkan hujan badai yang baru saja menyapu wilayah Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Kutai Barat.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kaltim, peta perkiraan daerah potensi banjir Kalimantan Timur berada di tingkat rendah dan menengah. Untuk tingkat menengah di Kabupaten Berau.

Sementara tingkat rendah di Kutai Kartanegara dan Kutai Timur. "Kita sarankan kepada semua masyrakat untuk bisa memantau website BMKG Kaltim," ujarnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim.

Selain itu, BPBD pun telah membangun koordinasi bersama pemangku kepentingan kebencanaan lainnya. Para petugas pun telah meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana dan siap siaga menangani berbagai laporan yang akan masuk nantinya.

"Kita juga melakukan antisipasi dini dengan meningkatkan pencegahan untuk menghadapi risiko bencana ketika terjadi," pungkasnya.
 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut