get app
inews
Aa Read Next : Tiru Taktik Perang Ukraina, Hamas Serang Pangkalan Udara Israel Pakai Drone Kamikaze

Sukses Ujicoba di Suriah, Militer Rusia Bersiap Terima Drone Kamikaze

Sabtu, 18 Desember 2021 | 19:42 WIB
header img
Drone KYB-UAV produksi Rusia sukses diujicoba di Suriah. (foto : the sun)

MOSKOW - Alat utama sistem persenjataan Rusia kembali bertambah. Kali ini, pesawat tanpa awak atau drone kamikaze sukses saat menjalani ujicoba di Idlib, Suriah utara. 

Drone yang dirancang menyasar target secara langsung disebut berhasil menghancurkan kamp 'teroris' di wilayah konflik tersebut. Pesawat drone KYB-UAV dirancang dan dikembangkan oleh pabrikan Rusia ZALA Aero, anak perusahaan Grup Kalashnikov. 

Dalam video yang dirilis ZALA Aero, drone tersebut perusahaan menunjukkan drone itu menghancurkan diri sendiri ketika mengenai targetnya. Aksi tersebut menjadi jawaban sehingga pesawat tanpa awak itu disebut kamikaze.

Keberhasilan ujicoba drone KYB-UAV juga dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Rusia. Dikutip Ria Novosti, sumber internal menyebut jika pesawat tak berawak KYB-UAV telah berhasil lulus tes militer resmi. Ia menambahkan bahwa Angkatan Bersenjata Rusia akan menerima gelombang pertama drone tersebut pada tahun 2022.

"Drone itu digunakan oleh tentara Rusia untuk menyerang situs-situs teroris di Suriah utara," lapor Russia Today mengutip sejumlah sumber yang dinukil Al Araby, Sabtu (18/12/2021). 

Drone KYB pertama kali dipamerkan pada pameran pertahanan internasional IDEX 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Kelompok Kalashnikov mengatakan pada saat itu mereka telah menerima minat dari pembeli di Timur Tengah.

Drone ini mampu terbang lama di area di mana target berada dalam mode pencarian dan, setelah menemukannya, mereka dapat menghancurkannya bak peluru kendali udara-ke-permukaan dan menghancurkan diri sendiri setelah menyelesaikan misi.

Dikembangkan oleh perusahaan ZALA AERO, anak perusahaan dari grup Kalashnikov, perangkat ini memiliki bentuk yang khas. Drone ini memiliki sayap delta yang lebar dan digerakkan oleh baling-baling yang memutar motor listrik. 
Drone ini membawa hulu ledak seberat tiga kilogram. Durasi penerbangan maksimum adalah 30 menit dengan kecepatan 130 kilometer per jam. Drone mampu mengarahkan dirinya pada gambar video kameranya, memiliki akurasi tinggi, dapat diluncurkan secara diam-diam, praktis tidak bersuara dan mudah digunakan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut