get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Rusia Terdesak, Vladimir Putin Tunjuk Jenderal Kejam Jebolan Perang Suriah Pimpin Pasukan di Ukraina

Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:18 WIB
header img
Presiden Vladimir Putin menunjuk panglima Angkatan Udara Rusia Jenderal Sergei Surovikin sebagai pemimpin pasukan Rusia di Ukraina. (Foto/REUTERS/Maxim Shemetov)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Presiden Vladimir Putin menunjuk panglima Angkatan Udara Rusia Jenderal Sergei Surovikin sebagai pemimpin pasukan Rusia di Ukraina. Penunjukan ini menyusul kabar terdesaknya militer Beruang Merah di front Kharkiv dan Donbass.

Penunjukan Surovikin bukan tanpa alasan. Dia merupakan seorang jenderal Soviet jebolan perang Chechnya dan Suriah yang banyak berhadapan dengan milisi asing yang disokong negara Barat. Dia bahkan sempat mengenyam front Afghanistan.

Dia bergabung dengan militer Soviet sebagai penerjun payung di Angkatan Darat pada 1980-an. Saat perang Soviet dengan Afghanistan serta berikutnya Chechnya meletus, dia turut ambil bagian. 

Kemudian pada 2016, dia diangkat menjadi komandan perang Rusia di Suriah. Atas jasanya di Suriah, Surovikin menerima medali Pahlawan Rusia pada 2017. Ketika itu dia memimpin ekspedisi militer Rusia sebagai komandan Pasukan Dirgantara. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut