get app
inews
Aa Read Next : Catat! Gerhana Matahari Total Bakal Terjadi 8 April 2024, Jupiter dan Venus Akan Terlihat

Fenomena Langka, Sungai dan Danau Bermunculan di Arab Saudi

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:17 WIB
header img
Warga Arab Saudi bermain jetski di danau yang muncul setelah hujan deras. (foto: ist/tangkapan layar)

RIYADH, iNewsKutai.id - Fenomena langka kembali terjadi di Arab Saudi. Sejumlah danau dan sungai dengan air jernih bermunculan di Wadi al-Rummah usai hujan deras mengguyur seluruh negeri.

Fenomena alam ini seolah menjadi lanjutan setelah sebelumnya pegunungan dan gurun menghijau ditumbuhi rumput. Padahal, selama ini gurun di Arab Saudi dikenal gersang dan tandus dengan cuaca panas.

Namun, bentang alam itu berubah setelah hujan deras baru-baru ini. Warga Arab Saudi memanfaatkan danau dadakan itu untuk berekreasi. Mereka bermain jet ski, menunggang kuda bahkan berlayar menggunakan perahu karet.

Ratusan lainnya memilih bersantai di pinggir dan menyaksikan orang-orang bermain di dalam air. Rekaman kegembiraan warga dari penjuru negeri bermain di danau buatan ini viral di media sosial. 

Mereka memanfaatkan danau untuk berlibur atau bersenang-senang. Akibat kemunculan danau dadakan ini, akses jalan raya menuju Wadi macet parah karena ratusan pengendara mobil berebutan mencapai danau dadakan itu. 

Sebelumnya, Wadi memang dikenal sebagai salah satu lembah sungai terpanjang di Jazirah Arab. Studi geologi menunjukkan Wadi al-Rummah meluap dengan kapasitas penuh sekitar tiga kali setiap 100 tahun. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut