get app
inews
Aa Read Next : Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Imlek, Bikin Sial dan Jatuh Miskin

Cuaca saat Imlek, Warga Kalimantan Timur Diimbau Waspada Hujan Lebat

Jum'at, 20 Januari 2023 | 06:03 WIB
header img
Warga Kaltim diimbau waspada hujan lebat saat peringatan Imlek, Minggu (22/1/2023) nanti. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Warga Kalimantan Timur (Kaltim) diimbau waspada hujan lebat saat peringatan Imlek, Minggu (22/1/2023) nanti. Curah hujan tinggi yang diprediksi terjadi berpotensi memicu banjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laporannya menyatakan jika hampir seluruh wilayah Indonesia akan mengalami hujan sedang hingga lebat saat peringatan Imlek.

"Khusus untuk periode Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023, potensi hujan intensitas sedang-lebat tidak merata perlu diwaspadai di sebagian wilayah,” kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan resminya, Kamis (19/1/2023). 

Guswanto menjelaskan dinamika atmosfer di antaranya Monsun Asia yang masih cukup aktif di wilayah Asia menjadi pemicu utama hujan deras saat Imlek.

Selain itu, potensi seruakan dingin dan aliran lintas ekuator tidak terlalu aktif saat ini, tapi masih dapat meningkat dalam sepekan ke depan yang dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia. 

"Gelombang Rossby Ekuator dan Gelombang Kelvin saat ini cukup aktif di wilayah timur Indonesia dan turut memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan,” katanya.

Selain itu, Guswanto mengatakan adanya pola Sirkulasi Siklonik yang terpantau di Selat Karimata, di Perairan Selatan dari Filipina, di Samudera Hindia Utara Papua, dan di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terkonsentrasi di wilayah Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa bagian barat hingga bagian utara, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Sulawesi bagian tengah dan selatan, serta Papua bagian utara dan selatan. 

Berikut wilayah Indonesia yang berpotensi hujan sedang hingga lebat pada saat peringatan Imlek 22 Januari 2023 mendatang yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Kemudian Jawa Tengah, Jawa Timur. Kemudian, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : BMKG Imbau Warga Waspada Potensi Hujan Deras saat Imlek)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut