Hasil Survei Capres 2024: Elektabilitas Ganjar Pranowo Belum Tertandingi

Felldy Utama/Abriandi
.
Senin, 23 Januari 2023 | 06:02 WIB
Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden masih tak tertandingi. (foto: Feldy Utama).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hasil survei elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, belum tertandingi. Nama gubernur Jawa Tengah itu masih menduduki peringkat teratas.

Hal itu tergambar dalam survei terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Januari 2023 ini. Dari hasil simulasi tiga calon presiden, dua nama lainnya yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto masih kesulitan menyalip elektabilitas Ganjar.

Tidak main-main, elektabilitas Ganjar dengan rival terdekatnya, Anies Baswedan terpaut sekitar 10%. 

"Jika simulasi 3 capres, Ganjar masih teratas. Sedangkan Anies dan Prabowo berkejaran," jelas Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring, Minggu (22/1/2023). 

Hasil survei menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo di peringkat pertama sebesar 36,3%. Kemudian disusul Anies 24,2% diperingkat kedua dan di peringkat ketiga ada Prabowo Subianto 23,2%. 

Keperkasaan elektabiltas Ganjar juga terlihat dalam simulasi 10 nama capres paling potensial diusung pada 2024. Hasilnya, Ganjar mencatatkan elektabilitas sebesar 29,2% disusul Prabowo Subianto menempati peringkat kedua dengan 19,4%. 

Sedangkan Anies Baswedan menduduki posisi ketiga dengan elektabilitas 16,5%. "Jadi Prabowo dan Anies saling kejar, tapi posisinya rebutan di posisi kedua," jelasnya. 

Survei LSI ini digelar pada 7-11 Januari 2023 dengan melakukan wawancara melalui sambungan telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan sampel sebanyak 1.221 responden.

Pemilihan responden dilakukan dengan pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Adapun, margin of error dalam survei ini diperkirakan sebesar ±2,9% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Survei LSI: Ganjar Kokoh di Puncak, Prabowo dan Anies Bersaing di Posisi Kedua)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini