get app
inews
Aa Read Next : Cekcok gegara Biaya Sekolah Anak, Pensiunan PNS di Samarinda Aniaya Istri hingga Babak Belur

Garang Umbar Tembakan Usir Petugas BPN, Pemuda Tambun Auto Lemas Diciduk Polisi

Jum'at, 27 Januari 2023 | 20:50 WIB
header img
Pemuda tambun yang mengumbar tembakan diciduk Jatanras Polresta Balikpapan. (foto: mukmin azis)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Muraker Kristian (28) seorang pemuda melakukan aksi koboi mengumbar tembakan senjata api mengusir petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan. Namun, kegarangannya hilang saat diciduk penyidik Polres Balikpapan.

Pemuda bertubuh tambun itu ditangkap karena mengumbar dua tembakan untuk menakuti petugas Kejari Balikpapan yang akan mengukur lahan untuk pembangunan rumah dinas Kajari, Rabu (25/1/2023).

Kanit Jatanras Satreskrim Polresta Balikpapan, Ipda Bayu Sukaca mengungkapan, sebelum kejadian, petugas dari BPN, RT, kelurahan dan kecamatan melakukan survei tanah negara di kawasan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Tiba-tiba pelaku datang dengan mobil hitam dan langsung menembakkan senjata api ke udara sebanyak dua kali. Tidak sampai di situ, pelaku mengusir petugas dan meninggalkan lokasi.

Petugas kemudian melaporkan aksi koboi tersebut ke Polresta Balikpapan. Penyidik Jatanras langsung bergerak cepat dan membekuk pelaku. Dari tangan pemuda tersebut, polisi menyita senjata api jenis pistol Glock 19 kaliber 32 atau 7,65 mm.

"Penyidik menyita satu pistol dengan 10 butir lagi peluru aktif yang digunakan pelaku saat mengusir petugas survei lahan," katanya.

Sementara dari pengakuan pelaku, aksinya mengumbar tembakan hanya untuk menakut-nakuti petugas. Alasannya, petugas melakukan pengukuran lahan di areal miliknya. Dia juga mengaku jika senjatanya memiliki izin resmi dan dimilik sejak Agustus 2022 lalu.

"Itu areal kami, jadi saya cuma membubarkan aja dengan nembak ke udara 2 kali. Kalau bukan areal kita ngapain kita urus," ujar Muraker. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut